Tanggapi Hasto Soal Tekanan, Anies: Belum Apa Dibanding Tekanan Ekonomi untuk Rakyat

Calon Presiden Anies Baswedan di Mujadalah Kiai Kampung.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama.

Jakarta – Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, sebelumnya menyatakan pihaknya mendapat tekanan yang semakin gencar setiap harinya. Menanggapi itu, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengaku mendapat tekanan jelang pemilihan presiden 2024.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Meski begitu, Anies mengklaim segala bentuk tekanan apapun yang dia dapatkan bakal dihadapi. Menurut Anies, tekanan untuknya di Pilpres 2024, tidak lebih berat dari tekanan yang selama ini dialami masyarakat dari segi ekonomi. Ia merasa tekanan ke masyarakat jauh lebih besar.

"Gini, kita ini apapun tekanan yang kita alami, kita hadapi. Belum apa-apa dibanding tekanan ekonomi yang dirasakan keluarga. Belum apa-apa dibanding sulitnya anak-anak muda cari lapangan kerja, dibanding petani cari pupuk, dibanding nelayan, dibanding peternak. Seberat-beratnya tekanan itu, tekanan rakyat lebih besar,"  katanya kepada wartawan, Minggu 19 November 2023.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Maka dari itu, lanjut Anies, pihaknya hadir untuk berjuang supaya tekanan pada rakyat tadi jadi ringan. Anies menegaskan, apabila untuk memperjuangkan semua itu dia harus dapat tekanan, dirinya tidak akan masalah dan mengeluh. Menurutnya semua itu adalah konsekuensi dari sebuah perubahan yang ingin ia perjuangkan.

Kenalkan Gibran ke Syeikh MBZ, Prabowo Subianto: Yang Mulia, Ini Wakil Presiden Saya

"Dan bila untuk berjuang harus hadapi tekanan, tekanan yang kita alami tak ada apa-apanya dibanding tekanan hidup rakyat," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto menyatakan tekanan yang dialami pihaknya semakin gencar setiap harinya. Terlebih, saat mereka menyuarakan kebenaran mengenai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Tekanan ada, apalagi ini juga berkaitan ya. Kalau kita lihat konstitusi saja bisa diintervensi, padahal lembaga yudikatif, apalagi yang lain," kata Hasto kepada wartawan, Sabtu, 18 November 2023. 

Hasto lantas mengungkap sejumlah nama yang mendapatkan tekanan hingga intimidasi. Mereka di antaranya, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya yang memotret fakta elektabilitas Ganjar-Mahfud meninggi. Kemudian, pegiat media sosial Ulin Ni'am Yusron hingga rekan satu partainya Adian Napitupulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya