Hendropriyono Prediksi Prabowo-Gibran Menang, PKS: Pasangan Amin Punya Peluang Besar

Paslon Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Hendropriyono memprediksi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal memenangi Pilpres 2024. Prediksi Hendropriyono itu didasadari analisis intelijen.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Menanggapi itu, Ketua DPP PKS yang juga Wakil Kapten Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Almuzzamil Yusuf tak sependapat dengan Hendropriyono. Menurut dia, rakyat saat ini dinilainya ingin ada perubahan sehingga pasangan Amin berpeluang besar menang di 2024.

"Kalau dari kacamata saya bukan sebagai intelijen tapi sebagai aktivis parpol yang membaca keinginan publik untuk perubahan, maka pasangan Amin punya peluang besar," kata Almuzzamil saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 21 November 2023.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Hendropriyono.

Photo :
  • Dok. Diaz Hendropriyono

Dia bilang pihaknya akan terus mengupayakan dan mendorong Pilpres 2024 berjalan sesuai prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau luber jurdil.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

"Bagaimana menghadirkan gerakan pemilu luber jurdil amanat UUD 45 pasal 22E, yang melibatkan parlemen dan ekstra parlemen," jelas Almuzzamil.

Menurut dia, upaya itu bisa dimulai dari jalur ekstra parlemen seperti kampus yang melibatkan dosen, mahasiswa dan para aktivis LSM dan ormas. Dia mengatakan jika gerakan tersebut berhasil maka akan membuat masyarakat berani ikut mengawal pemilu luber jurdil.

"Dan akan membuat masyarakat berani memilih sesuai hati nuraninya. Tidak dipengaruhi tekanan berbagai oknum di tengah masyarakat yang merasa memiliki kekuatan dari tekanan dan iming-iming berbagai oknum," tutur Anggota DPR tersebut.

Sebelumnya, Hendropriyono menyampaikan analisanya soal kans duet Prabowo-Gibran menang di Pilpres 2024. Dia memprediksi duet yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu bisa menang karena dari kacamata intelijen, bukan survei ilmiah.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, salah satu alasannya karena KIM punya mesin politik yang kuat dalam mengawal Prabowo-Gibran. Ada partai-partai besar dalam poros KIM yang akan bergerak dalam logistik serta membantu di lapangan.

Bagi dia, KIM juga siap mengarungi Pilpres 2024 dalam dua putaran. Ada konsep cadangan jika nanti mesti ada putaran dua.

Dia menyebut untuk putaran dua nanti, Prabowo-Gibran akan head to head melawan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sementara, duet Anies-Muhamin (Amin) sudah tereliminasi di putaran pertama.

“Jadi, kalau menurut perkiraan intelijen ini hari dan kalau tidak ada perubahan yang signfikan Prabowo-Gibran akan menang,” ujar Hendropriyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya