TKN: Survei LSI Denny JA Tunjukkan Milenial dan Gen Z Semakin Menyukai Prabowo

Paslon Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Lembaga survei LSI Denny JA beberapa hari lalu merilis elektabilitas tiga pasangan capres cawapres yang jadi kontestan Pilpres 2024. Salah satu temuan LSI Denny JA terkait kenaikan elektabilitas capres Prabowo Subianto.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Dalam laporannya, LSI Denny JA menyebut capres Prabowo naik secara individu paling besar berasal dari pemilih milenial. Dari survei LSI Denny JA, elektabilitas Prabowo naik signifikan dari Oktober ke November berdasarkan pemilih milenial.

Data LSI Denny JA jika pada Oktober 2023, pemilih Prabowo dari kalangan milenial sebesar 36,9 persen. Kini pemilih Prabowo dari kalangan milenial naik menjadi 41,6 persen.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Pun, selain dari pemilih milenial, LSI Denny JA menunjukkan narasi 'Prabowo Gemoy' jadi salah satu faktor yang mendongkrak elektabilitas capres nomor urut 1 tersebut.

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • istimewa
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Faldo Maldini menyampaikan rasa syukurnya karena rakyat sudah melihat figur Menteri Pertahanan itu apa adanya.

Menurut Faldo, 'Gemoy' dinilai jadi narasi yang sangat dekat dengan pemilih milenial dan generasi Z (Gen Z). Ia mengaku, julukan 'Gemoy' justru muncul dari pendukung Prabowo di kalangan milenial dan Gen Z.

"Alhamdulillah, anak muda, generasi milenial dan Gen Z semakin menyukai Pak Prabowo yang selalu tampil apa adanya, tegas tapi tetap bisa jenaka," kata Faldo kepada wartawan, Rabu, 22 November 2023.

Merujuk survei LSI Denny JA, julukan 'gemoy' untuk Prabowo disukai kalangan pemilih milenial. Sikap Ketua Umum Partai Gerindra itu tetap rileks dan santai saat dihujat. Tak jarang, eks Danjen Kopassus itu menunjukkan jogetannya di hadapan publik.

Bagi Faldo, cara Prabowo itu dinilai tampil adanya di hadapan publik tanpa dibuat-buat.

"Ia tampil apa adanya. Sikapnya tetap tegas dan sat set, namun ada sisi humanisnya yang jenaka," tutur Faldo.

Faktor itu dinilai menjadikan elektabilitas Prabowo-Gibran berada di urutan tertatas versi survei LSI Denny JA. Prabowo-Gibran dari data LSI Denny JA unggul dua digit dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang berada di urutan dua.

Adapun elektabilitas Prabowo-Gibran dapat 40,3 persen. Sementara, Ganjar-Mahfud hanya di angka 28,6 persen. Lalu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 20,3 persen.

Survei terbaru LSI Denny JA digelar dalam kurun waktu 6-13 November 2023. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya