Menangkan Prabowo-Gibran di Sumut, Dahnil Anzar: Mengingatkan Umat Agar Tetap Bersatu

Dahnil Anzar Simanjuntak
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Medan – Matahari Pagi Sumatera Utara mendeklarasikan dukungan kepada Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Auditorium Focal Point Medan, di Jalan Ringroad, Kota Medan, Sabtu, 25 November 2023.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Pendiri sekaligus Pembina Matahari Pagi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa gerakan Matahari Pagi merupakan relawan yang terdiri dari teman-teman Exco Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan organisasi Islam lainnya untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

"Gerakan ini telah dideklarasikan di 15 daerah dan akan dilanjutkan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan seluruh Indonesia dalam satu bulan," ucap Dahnil Anzar.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Prabowo-Gibran dapat nomor urut 2

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Dahnil mengungkapkan bahwa Matahari Pagi ingin merangkul jaringan Muhammadiyah untuk mendukung Prabowo dan Gibran, sambil menjaga kampanye pilpres yang damai. 

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

"Matahari Pagi berjuang melawan politik identitas dan ingin mengingatkan umat agar tetap bersatu dengan kompetisi gagasan dan ide," ungkapnya.

Panglima Matahari Pagi, Dr. (Cand) Sutia Budi menjelaskan bahwa Matahari Pagi akan menggerakkan ini di seluruh Indonesia, dengan target dukungan di atas 60 persen untuk Prabowo dan Gibran.

"Kami dari Matahari Pagi akan menggerakkan di 34 provinsi dan 500 simpul di 500 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Kami sudah deklarasi di pusat Jakarta, Sumatera Utara, menyusul di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Aceh dan Papua serta daerah lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Pangda Matahari Pagi Sumatera Utara, H. Muhammad Subandi, melaksanakan deklarasi Matahari Pagi dihadiri oleh Panglima dan pendiri Matahari. Dalam deklarasi ini, Pangda memaparkan strategi Matahari Pagi sebagai bentuk pencerahan kepada umat. 

"Tujuan dari gerakan ini adalah agar umat tidak terpengaruh oleh politik identitas yang sering kali menjelek-jelekan, menghina, dan fitnah. Pangda juga menyampaikan pentingnya berpolitik dengan dewasa dan bersaing visi-misi," terangnya.

Kata Subandi, Matahari Pagi akan menyusun deklarasi di Kabupaten/Kota. Mereka akan turun ke setiap kabupaten dan kota untuk memberikan pencerahan dan pendidikan politik kepada masyarakat agar mereka menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. 

"Kami tidak ingin mengaitkan agama dengan politik, namun ingin mendorong nilai-nilai akhlak agama hadir dalam politik Indonesia. Gerakan ini bertujuan untuk mempersatukan umat, dengan identitas keislaman yang menunjukkan rahmat bagi semesta alam," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya