Mahfud MD soal Pemilu 2024: Mari Kita Bertarung Secara Fair, Tak Boleh Ada Teror

Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pontianak - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang atau Oso menghadiri acara silaturahmi para tokoh ulama dan kiyai di Pontianak, Kalimantan Barat. Hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, yaitu Arsjad Rasjid menghadiri acara silaturahmi para tokoh ulama dan kiai di Pontianak, Kalimantan Barat.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD menyampaikan siapapun yang mencalonkan diri maju dalam kontestasi Pemilu 2024 untuk bertarung secara fair.

"Kita mari bertarung secara fair, siapapun nanti yang terpilih entah sebagai wakil rakyat, di DPR, DPRD, Presiden, wakil presiden, kepala daerah. Itu nanti kita terima kalau pemilu itu berjalan dengan baik," kata Mahfud kepada wartawan di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, 25 November 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Calon Wakil Presiden Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Mahfud mengatakan, Indonesia harus menciptakan pemimpin dari proses berkeadaban, demokratis, jujur dan adil. Menurutnya, hal tersebut dapatĀ  membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Sebagai sebuah negara akan sukses kalau proses lahirnya kepemimpinannya itu secara berkeadaban, demokratis pemilu yang jujur, tidak boleh ada teror, tidak boleh ada tekanan, tidak boleh juga kecurangan," kata Menko Polhukam tersebut.

Sebaliknya, kata dia, jika pemilu berjalan dengan kecurangan dan penuh tipu-tipu, maka akan menimbulkan masalah besar di masyarakat, bahkan di pemerintahan Indonesia.

"Kalau pemilunya berjalan dengan penuh kecurangan dan intrik-intrik yang merugikan satu kontestan, atau sebagian kontestan, itu nanti akan menimbulkan masalah, keributan dan pemerintahan bisa enggak stabil juga," tuturnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai kontestan Pilpres 2024.

Peserta Pilpres 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Artinya, Selasa lusa nanti, kampanye pesta demokrasi Pemilu 2023 sudah dimiulai. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya