Kaesang Targetkan PSI Raih Satu Fraksi di DPRD Papua Barat Daya pada Pileg 2024

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat blusukan di Kota Medan, Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVA/BS Putra

JakartaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep punya target mendapatkan satu fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat Daya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Nasdem Gugat Suara Partai Pindah ke Gerindra dan PSI di Dapil Jateng 5

Pada Pemilu 2019, kata Kaesang, PSI memiliki 14 kursi di seluruh Papua. Makanya, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku optimis bisa mendapatkan kursi satu fraksi di Papua Barat Daya yang merupakan provinsi baru pada Pemilu 2024.

“Pemilu 2019 lalu, kami disini lumayan punya 14 kursi di seluruh Papua. Oleh karena itu, harusnya Papua Barat Daya sebagai provinsi baru, Insya Allah dapat hal yang sama juga. Insya Allah dapat satu fraksi,” kata Kaesang melalui keterangannya pada Senin, 27 November 2023.

Nasdem Akui Surya Paloh Minta Anies Angkat Kursi

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, di Kota Medan

Photo :
  • VIVA/ B.S Putra

Tentu, optimisme Kaesang ini melihat calon anggota legislatif dari PSI beberapa di antaranya sudah berpengalaman mencalonkan diri pada pemilu periode sebelumnya. 

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Misal, kata dia, mantan kader Partai Hanura saat berusia 21 tahun mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Kini, pindah ke PSI saat menginjak usia 25 tahun. 

“(Kader-kader) yakin bisa satu fraksi, soalnya kami yang di Kota Sorong ada juga dari Partai Berkarya dulu 2019, waktu itu beliau sudah menjadi anggota dewan, dan sekarang bersama kami,” jelas dia.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep (kanan) dan Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (dua kanan) berdialog dengan Badan Pekerja Sinode GKI di Tanah Papua di Jayapura, Papua, Minggu, 26 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Oleh karena itu, Kaesang meminta para kader fokus bekerja, khususnya turun langsung ke masyarakat dan memberikan penjelasan secara langsung terkait program-program PSI. Terpenting, lanjut dia, kader PSI harus mempraktikkan politik santun di Papua Barat Daya.

"Tetap kita menjunjung tinggi politik yang santai, politik yang santun, tidak mencela orang lain, tidak nyinyir ke orang lain. Turun langsung ke masyarakat, sosialisasi langsung ke masyarakat,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya