Ganjar Pranowo Dapat Info Kepala Desa Diperiksa: Saya Tidak Bisa Lagi Diam

Capres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

 Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendengar bahwa kepala desa (kades) mulai diperiksa. Menyikapi hal itu, Ganjar mengaku bahwa dirinya tidak bisa tinggal diam lagi.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Mantan Gubernur Jawa Tengah, itu ingin membongkar dan menguak apa yang terjadi dengan kepala desa tersebut. Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Organ Relawan Ganjar-Mahfud se-Pulau Jawa, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin, 27, November 2023.

"Saya dengar kades mulai diperiksa. Maaf, saya tidak bisa lagi diam. Akan saya bongkar apa yang sebenarnya terjadi. Satu per satu kita datangi dan bapak ibu, akan gunakan hak konstitusi jika pemilu luber jurdil," kata Ganjar Pranowo dikutip, Selasa, 28 November 2023.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Ganjar menegaskan, itu merupakan salah satu menjaga reformasi tetap berjalan dengan baik di Indonesia. Ia juga akan memastikan, rakyat akan menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi mendatang.

"Ini kesempatan, tunjukkan ke masyarakat, bahwa agenda Reformasi kita akan bereskan. Kita yang akan jaga agenda Reformasi akan tercapai pada tujuan. Tidak boleh bengkok kanan kiri, dan kekuatan rakyat akan pastikan lurus ke depan. Saya minta semangat gotong royong, pulang dari sini ketok rumah tetangga, saudara, pastikan mereka terdaftar, memilih," kata Ganjar.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ia berpesan kepada relawan, agar saat masa kampanye dimulai, seluruh mata dan telinga digunakan secara maksimal untuk menganalisis keadaan di lingkungan sekitar. 

"Saya titip betul-betul pada bapak ibu. Kita pasang telinga kita, kita buka mata kita, lihat dengarkan apa yang terjadi di sekitar. Mulai besok pagi tidak ada lagi kata mundur, kita akan maju terus! Kalau kita dihalangi di depan, kita akan tabrak," tuturnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD nomor urut 3.

Ganjar akan memulai kampanye pemilu dari wilayah Indonesia timur. Sedangkan, pendampingnya di Pilpres 2024, yakni Mahfud MD akan mulai berkampanye pemilu dari wilayah Indonesia barat. 

"Ya, insya Allah saya akan menyiapkan (kampanye pemilu) mungkin saya dari timur, Pak Mahfud dari barat," kata Ganjar Pranowo.

Ganjar menambahkan bahwa, nantinya dirinya dan Mahfud MD akan saling bertemu di pertengahan Indonesia. Namun, Ganjar belum menjelaskan secara rinci tempat bertemu dengan Mahfud MD.

"Mungkin kita akan bertemu di tengah. Ya sudah, pokoknya dari Indonesia paling timur dan paling barat," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya