Anies Janji Bakal Permudah Regulasi-Perbaiki Tata Niaga Perikanan Nelayan

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan mempermudah regulasi hingga tata niaga perikanan nelayan. Sebab menurutnya, regulasi yang ada saat ini memberatkan dan membatasi ruang gerak nelayan.

Pakar: Kalau Anies Maju Pilgub DKI, Jelas Men-Downgrade Kapasitasnya yang Sudah Naik Kelas

Adapun hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Kampung Nelayan, Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

"Kita berdialog berdiskusi dengan para nelayan di sini dan mereka menyampaikan aspirasi atas masalah yang mereka hadapi,” kata Anies dalam keterangannya Sabtu, 2 Desember 2023.

Ke Mana-mana Politisi Demokrat Bilang Rakyat Ingin Prabowo Presiden: Kecurangannya Dimana?

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat kampanye di Kota Bandung.

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan

Anies mengatakan, nasib nelayan di Indonesia saat ini masih banyak yang belum sejahtera hidupnya. Hal itu dikarenakan berbagai hal, mulai dari regulasi yang memberatkan dan membatasi mereka hingga tata niaga yang perlu untuk segera dilakukan perubahan.

PSSI Setuju Amandemen Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

“Kesejahteraan mereka terbatas karena aturan yang dibuat membatasi mereka dalam mencari ikan, kedua juga ada aturan perpajakan yang tidak sederhana, kita mengetahui tata niaga untuk produk laut dikoreksi agar harga yang mereka jual akan bisa lebih baik,” ujarnya.

Anies menyampaikan, para nelayan juga mengeluhkan soal solar subsidi yang ketersediaannya sering tidak sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya saat para nelayan membutuhkan untuk melaut justru solar tidak tersedia. Sehingga hal tersebut menurut Anies, perlu segera dilakukan perubahan.

“Ada tambahan yang dikeluhkan adalah peraturan yang membatasi nelayan melaut sejauh 12 mil, dulunya boleh lebih dari itu tapi itu dibatasi, Dan juga para pembudidaya nelayan tambak dimana kita perlu perbaiki irigasinya agar lebih baik,” ujarnya.

Capres Anies Baswedan

Photo :
  • Istimewa

“Kemudian beban pajak yang memberatkan karena ditarik di awal dan di akhir sedangkan apabila nelayan tersebut tidak mendapat hasil tangkapan yang tidak sesuai maka itu akan amat memberatkan,” tambahnya.

Anies merasa perlu untuk mengakomodir aspirasi nelayan, apalagi Indonesia merupakan negara maritim dengan potensi kelautan yang amat besar. Anies ingin nelayan Indonesia tumbuh berkembang.

“Kita perlu lakukan perubahan segera, agar nelayan kecil jadi besar, tanpa mengecilkan nelayan yang sudah besar. Mengapa? Kekayaan laut dan ikan-ikan kita adalah pasokan gizi amat baik bagi rakyat, kalau usaha nelayannya tak diperbaiki maka kita akan sulit mengoptimalkan,” jelasnya.

“Kami ingin masyarakat Indonesia merasakan pasokan hasil laut yang baik di sisi lain harganya terjangkau dan bagi nelayan kebutuhannya terpenuhi,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya