Resmi Diusung PAN Maju Cagub Jatim 2024, Khofifah Terkejut

PAN usung Khohifah kembali jadi Gubernur Jatim.
Sumber :
  • Nur Faishal/ VIVA.

Surabaya – Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Keputusan itu ditandai dengan penyerahan surat rekomendasi dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada Khofifah dalam acara konsolidasi di Hotel Sheraton Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 4 Desember 2023.

Saat rekomendasi diserahkan, hadir pula mendampingi Khofifah yaitu Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim. Terlihat pula Ketua DPD Demokrat Jatim, Emil Elistianto Dardak.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

"Sudah saya bawa surat rekomendasinya yaitu ibu Khofifah," kata Zulkifli.

Menteri Perdagangan itu mengatakan, PAN adalah partai yang juga mendukung Khofifah pada Pilgub Jatim 2018 hingga kini menjadi Gubernur Jatim. Karena Khofifah dinilai berhasil memimpin Jatim, adalah hal wajar apabila PAN kembali mengusung Khofifah.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • Nur Faishal

Menurut Zulkifli, Jawa Timur semakin maju sejak dipimpin oleh Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut. "Jatim semakin maju [di tangan Khofifah]," ujarnya. 

Sementara itu, Emil Dardak mengaku bahagia Khofifah mendapatkan rekomendasi dari sebagai bakal Cagub Jatim dari PAN. Kata dia, Demokrat sudah pasti juga akan mengeluarkan rekomendasi calon pada Pilgub Jatim 2024.

Namun, Emil tidak menjawab secara gamblang apakah dirinya akan kembali mendampingi Khofifah sebagai calon wakil gubernur. "Mohon doanya," ucapnya.

Zulkifli Hasan tur kampanye dukung Prabowo-Gibran di Kabupaten Mesuji, Lampung

Photo :
  • Istimewa

Di tempat yang sama, Khofifah mengaku kaget setelah secara tiba-tiba PAN menyerahkan rekomendasi kepadanya. Dia tidak menyangka rekomendasi itu diserahkan hari ini. "Ini surprize," ucapnya.

Kendati terkejut, namun Khofifah mengaku siap untuk maju kembali sebagai cagub di Pilgub Jatim 2024. "Insya Allah saya maju kembali untuk pilgub 2024. Mohon doa semuanya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya