Dewan Pakar TKN Prabowo Gibran Jelaskan Manfaat Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil dan Balita

Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hadiri rakornas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

JAKARTA - Terkait dengan ramainya pemberitaan mengenai Asam Folat, Dewan Pakar TKN Prabowo Gibran, dr. Rina Adeline Sumantri menyebut apa yang disampaikan Calon Wakil Presiden tersebut adalah hal yang baik sebagai edukasi kepada publik. Dr. Rina pun membeberkan lebih banyak Program Gizi Gratis untuk Ibu Hamil dan Balita dari Pasangan nomor urut 2 tersebut.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

“Meski ada kekeliruan pengucapan, hal yang disampaikan adalah edukasi yang penting. Pemenuhan kebutuhan gizi saat kehamilan adalah hal yang penting untuk menurunkan stunting. Itulah kenapa Prabowo Gibran memiliki Program Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil dan Balita.” jelas dokter spesialis mikrobiologi klinik tersebut kepada wartawan. Selasa (5/12).

Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Car Free Day, Jakarta

Photo :
  • TKN Prabowo-Gibran
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Salah satu bentuk dari Program Bantuan Gratis tersebut, jelas dr. Rina, adalah dengan memberikan bantuan Asam Folat dan Vitamin D.

“Salah satu ide yang paling menarik adalah dengan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D. Tapi itu juga harus disertai dengan pemeriksaan rutin, dalam rencananya juga akan dilakukan pemeriksaan selama enam kali selama masa kehamilan.” jelasnya.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Menurut dia, pemberian asam folat dan vitamin D dalam program tersebut dapat menurunkan kemungkinan stunting pada anak-anak.

“Asam Folat adalah suatu jenis vitamin B Kompleks yang diperlukan Ibu hamil. Beberapa manfaatnya diantaranya pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia," tutur Rina.

Selain pemenuhan asam folat, dia juga menekankan pentingnya pemberian vitamin D pada ibu hamil. Vitamin D, kata dia, sangat dibutuhkan untuk menunjang penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, membantu pertumbuhan gigi hingga mencegah berat badan lahir rendah pada janin.

Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hadiri rakornas.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Dengan program tersebut, Prabowo-Gibran ingin mencapai penurunan stunting dengan lebih cepat.

"Targetnya menurunkan angka stunting sampai dibawah 10% dalam waktu 3-5 tahun, dan menurunkan tingkat kematian Balita yang saat ini masih sekitar 21 orang per seribu kelahiran.” terang dr. Rina.

"Dengan kebutuhan gizi terpenuhi melalui pemberian asam folat dan vitamin D pada ibu hamil, stunting akan menurun, harapannya akan terlahir generasi-generasi yang berkualitas untuk masa depan Indonesia." lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya