Anies Baswedan Ingin Perbanyak Kereta Api Dibanding Tol: Investasinya Lebih Kecil

Anies Baswedan menaiki kereta api (KA) Argo Parahyangan
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

Jakarta – Capres nomer urut satu, Anies Baswedan, Menjanjikan untuk membangun banyak jalur kereta api, bila menang di Pilpres 2024. Tujuannya, untuk menghubungkan ke pelbagai daerah.

Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, bahwa program pembangunan jalur kereta api itu lebih murah ketimbang pembangunan jalan tol.

"Ini investasinya sebenarnya bisa lebih kecil dari pada membangun jalan tol," ujar Anies di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) 2023 dikutip dari YouTube MTI, Kamis 7 Desember 2023.

BTN Pastikan Dana Investasi Nasabah Tak Hilang, Ini Penjelasannya

Menurutnya  pembangunan jalur kereta api ini tidak hanya dilakukan untuk pulau Jawa. Jalur kereta api akan dibangun secara merata, sehingga intensitas penggunaan kendaraan pribadi ketika seseorang melakukan perjalanan luar kota, dapat berkurang.

"Kita akan bisa memindahkan lebih banyak orang dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang berbasis kereta api, ini khusus di Jawa, untuk di luar Jawa kami (juga) merasa perlu untuk membangun jalur-jalur kereta api antarkota dan peningkatan intensitas perjalanan menggunakan kereta api," jelas Anies.

Usai Dipecat PDIP, Gibran Ngaku Sudah Siapkan Perahu: Tenang Aja Ya

Tak hanya itu, pembangunan jalur kereta api dinilai bisa kurangi efek polusi udara. Sebab, nanti akan terminimalisir dalam penggunaan kendaraan pribadi.

"Efek polusinya juga lebih rendah dan akan bisa membangun perasaan kesetaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbasis kendaraan pribadi," tutur Anies.

Dia menekankan penambahan jalur kereta api juga dapat menambah jadwal keberangkatan. Anies mencontohkan jeda keberangkatan kereta api di luar negeri yang tak lama.

"Sehingga kalau kita melihat di banyak negara antar kota itu bisa tiap satu jam, tiap dua jam ada kereta yang berangkat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya