Paparkan Visi-Misi, Prabowo: Kami Taruh Penegakkan Hukum dan HAM di Bagian Teratas

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat menyampaikan visi misi capres 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar KPU

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, memaparkan sejumlah visi-misinya dalam ajang debat Capres yang digelar KPU RI pada Selasa 12 Desember 2023. Dalam kesempatan itu, Prabowo mengucapkan terima kasih karena diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi 

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis

Dia menegaskan bahwa pasangan Prabowo-Gibran menjadikan penegakkan Hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintah sebagai prioritas. Hal tersebut menjadi fokua pemerintahan Prabowo-Gibran jika jadi pemimpin bangsa.

"Kami menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi, perlindungan terhadap semua kelompok masyarakat, sebagai sesuatu yang sangat penting. Karena itu dalam visi-misi kita, hal-hal ini ditaruh di paling atas," kata Prabowo kata Prabowo, Selasa, 12 Desember 2023.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Capres Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Prabowo juga mengatakan, dirinya sadar sejak muda telah mengangkat sumpah untuk membela Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Dalam Undang-undang Dasar 1945, kata Prabowo, di situ pendiri-pendiri bangsa kita mendirikan sebuah republik yang harus didasarkan atas hukum dan kedaulatan rakyat.

4 Orang Sudah Konsultasi Maju Cagub Jakarta Jalur Independen, Siapa Saja?

"Itulah perjuangan saya selama ini, saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, Hukum dan HAM," kata Prabowo

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Suasana jelang pengundian nomor urut capres-cawapres di KPU.

Photo :
  • Tangkapan layar tvOne

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya