Kendaraan Taktis Bersiaga di Depan KPU Jelang Debat Capres

Ribuan personel gabungan jaga KPU guna pengamanan debat perdana Pilpres 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera menggelar debat perdana calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), Selasa, 12 Desember 2023.

KPU Gandeng 8 Kantor Hukum Hadapi 297 Perkara Sengketa Pileg 2024

Terlihat ratusan aparat gabungan berjaga di lokasi guna mengamankan jalannya pelaksanaan debat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya menyiagakan kendaraan taktis untuk pengamanan debat capres-cawapres di KPU hari ini.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang, unjuk rasa, teror, dan sebagainya," ujar Susatyo di depan KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Susatyo mengatakan, kegiatan debat capres hari ini harus berjalan lancar, petugas gabungan dalam hal ini mengerahkan 2.120 personel untuk pengamanan di lokasi.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel. Kami menggelar pengamanan baik itu dari Bundaran HI kemudian ruas jalan Imam Bonjol ini, sampai dengan Taman Suropati," ujarnya.

Diketahui debat perdana capres-cawapres dijadwalkan akan mulai pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, ada enam segmen dengan durasi 120 menit disediakan dalam debat capres-cawapres 2024.

"Kami pastikan di dalam rundown itu justru kesempatan antarcalon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat Pemilu 2024 ini lebih banyak," ujar Hasyim.

Segmen pertama yakni pembacaan tata tertib, penyampaian visi dan program kerja.

Diketahui, tema debat perdana untuk capres yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Kemudian, segmen kedua dan ketiga ialah pendalaman visi-misi dan program kerja. Segmen keempat dan kelima ialah tanya jawab, dan tanggapan antar pasangan calon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya