Yusril Puji Penampilan Prabowo di Debat Pertama Capres 2024: Isu HAM Dijawab Tegas

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di Kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta -- Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menyebutkan pandangan calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto sudah cukup baik saat para capres saling bertanya mengenai masalah hukum dan HAM.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Pernyataan itu disampaikan Yusril setelah melihat debat capres-cawapres perdana yang berlangsung di KPU RI, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

"Ya isu-isu HAM sudah dijawab dengan tegas oleh beliau (Prabowo) ya, bahwa persoalan pengadilan HAM sampai sekarang kan pengadilan HAM itu kan sebenarnya sudah ada," kata Yusril, Rabu, 13 Desember 2023.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Jadwal dan format debat Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Yusril juga mengaku terkejut sekaligus memuji penampilan Prabowo ketika menghadapi debat capres. Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu penampilan Prabowo sudah luar biasa. 

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

"Dan saya sangat surprise, dengan pak Prabowo Subianto, yang berdiskusi panjang dengan kami-kami semua dan alhamdulillah beliau tampil luar biasa," kata Yusril.

Sementara itu, Yusril juga mencoba menanggapi pertanyaan yang dilontarkan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo terkait pengadilan HAM Ad Hoc untuk penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Menurut Yusril, sepanjang belum ada permintaan dari Presiden, maka pembentukan pengadilan HAM Ad Hoc itu dinilai belum perlu dilakukan.

"Yang kalau harus dibentuk itu pengadilan HAM Adhoc, itu kalau ada permintaan dari DPR kepada Presiden. Jadi saya kira sepanjang belum ada permintaan dari presiden maka tidak perlu ada pembentukan pengadilan HAM adhoc,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya