Usai Debat Perdana Pilpres, Anies Baswedan: Seru Diskusinya

Debat Capres-Cawapres Pertama Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan, dirinya merasa seru  usai melakukan debat dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Dia menjelaskan, prinsip utamanya yakni publik yang bisa menilai.

Anggota DPR PDIP Usul KPU Legalkan Money Politics

"Ya, alhamdulillah debat pertama berjalan dengan baik. Jadi kesempatan kepada masyarakat untuk mendengar prinsip, ideologi, cara berpikir yang diungkapkan para calon," ujar Anies kepada wartawan dikutip Rabu 13 Desember 2023.

Anies menjelaskan bahwa debat tersebut merupakan bentuk dari tukar pikiran tanpa adanya keterbatasan. Dia menuturkan, jika tukar pandangan itu harus tetap mengutamakan etika.

KPU Sebut Jumlah Pemilih per TPS di Pilkada 2024 Maksimal 600 Orang

Debat Capres-Cawapres Pertama Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tentu tadi ada pertukaran pikiran, pandangan, saya perlu sampaikan bahwa negeri ini perlu dijaga dan menjunjung tinggi etika. Maka, makin ke jajaran ke bawah makin terjadi kerusakan, kalau dari puncak kompromi etika," kata Anies.

DPR Tanya Kesiapan KPU Antisipasi Kecurangan TSM di Pilkada 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menjelaskan bahwa demokrasi yakni kebebasan yang tidak boleh ada kekurangannya. Maka dia menilai debat yang dilakukannya pada Selasa malam di KPU berjalan asik.

"Dan saya mau garis bawahi, karena ini soal demokrasi, yakni kebebasan berpendapat yang tidak boleh berkurang. Tadi seru diskusinya, dan prinsip-prinsip dasarnya saya rasa publik bisa melihat," kata Anies.

"Tadi (Selasa malam) saya sampaikan teman-teman muda untuk membandingkan, mana yang benar-benar serius untuk mengembalikan negeri ini sebagai negeri hukum dan menjaga kebebasan pendapat ada, dan mana yang serius menjaga etika," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya