Tokoh Muda Papua Puji Paparan Holistik Prabowo Terkait Isu Papua di Debat Capres

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dokumentasi TKN

VIVA Politik – Billy Mambrasar, tokoh muda Papua yang saat ini menjabat sebagai duta pembangunan berkelanjutan Indonesia memberikan komentar positif terhadap respons Prabowo terkait penyelesaian isu HAM di Papua pada debat pertama Capres yang dilakukan KPU Selasa, 12 Desember 2023. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Saat itu, panelis memberikan pertanyaan kepada Prabowo tentang apa yang akan dilakukannya bila terpilih menjadi Presiden RI terhadap isu Papua. Menurut Prabowo Subianto, eskalasi permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua harus diselesaikan dengan fokus pada pemerataan ekonomi dan kesempatan kepada khususnya orang asli Papua. 

Jawaban tersebut, menurut Billy,  Prabowo berhasil menjabarkan kekuatan dari pendekatan kesejahteraan yang selama ini dilakukan oleh Presiden Jokowi dan berjanji untuk melanjutkannya.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

“Pandangan holistik Pak Prabowo sangat tepat ketika kemudian beliau menambahkan jawabannya dengan menerangkan bahwa isu yang terjadi di Papua tidak sederhana dan bukan semata-mata berhubungan dengan ketidak adilan dan pembangunan ekonomi.” jelasnya, dilansir Rabu, 13 Desember 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

“Prabowo meluruskan oleh argumentasi Kandidat Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, yang menyatakan pembangunan berkeadilan saja sudah cukup.” lanjut Billy menjelaskan.

Billy juga menyetujui sikap Prabowo yang menyebutkan konflik di Papua tidaklah sederhana dan mudah. “Banyak yang harus dipertimbangkan, ada faktor-faktor geopolitik, pengaruh intervensi pihak internasional, dan ideologis yang rumit, oleh sebab itu, pendekatannya harus melalui berbagai strategi.” jelasnya.  

Prabowo Subianto

Photo :
  • Tangkapan layar

Pujian Prabowo pada Jokowi, menurut Billy juga menyentuh hati orang-orang Papua. “Komitmen Pak Prabowo melanjutkan apa yang telah dikerjakan Jokowi, termasuk Isu Papua ini, merupakan hal yang baik. Benar, Pak Jokowi sangat memperhatikan Papua dibuktikan dari 17 kali kunjungan, menjadi yang terbanyak diantara para Presiden.” tegasnya. 

Untuk kedepan, Billy menekankan pentingnya usaha Presiden berikutnya untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait guna mencapai solusi yang komprehensif dalam menangani masalah HAM di Papua. “Upaya pemerataan ekonomi dan perlindungan HAM harus menjadi fokus utama untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Papua.” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya