Habib Rizieq Dukung Seruan Ijtima Ulama Menangkan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Anies-Cak Imin hadiri pernikahan Putri Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • Dok. Istimewa

JakartaImam Besar Habib Muhammad Rizieq Shihab telah mendukung hasil keputusan Ijtima Ulama yang menyerukan seluruh Rakyat Indonesia untuk berjuang memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pada Pemilu 2024 mendatang.

Istana: Ada atau Tidak Ada Presidential Club, Presiden dan Mantan Presiden Penting Bersilaturahmi

Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, Azis Yanuar mengatakan Habib Rizieq Shihab belum bisa berkomentar lebih lanjut perihal telah ditandatanganinya pakta integritas yang direkomendasikan Ijtima Ulama oleh pasangan AMIN, atau Anies-Muhaimin. Namun, kata dia, Habib Rizieq sudah mengetahui hal tersebut.

“Sudah (mengetahui adanya keputusan Ijtima Ulama), Alhamdulillah,” kata Azis saat dikonfirmasi VIVA pada Kamis, 14 Desember 2023.

Demokrat Respons Positif Rencana Prabowo Bentuk Presidential Club

Ijtima Ulama di Ponpes Az Zikra, Sentul, Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Menurut dia, respon Habib Rizieq sangat mendukung apa yang telah diputuskan oleh Ijtima Ulama untuk dukungan Pemilu Presiden 2024 tersebut.

Loyal Dukung Prabowo, Maruarar Sirait: Kita Gak Ada Bicara jabatan Menteri

“Alhamdulillah, beliau menyerahkan hasil dan keputusannya pada Tim Inti Ijtima Ulama sebagai wakil dari Ijtima Ulama, serta mendukung keputusan Ijtima Ulama tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Tim Ijtima’ Ulama telah memutuskan untuk mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dengan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk Pemilu Presiden 2024.

Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, Azis Yanuar mengatakan Tim Ijtima Ulama mengumumkan kepada seluruh peserta Ijtima Ulama dan masyarakat luas, bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah menandatangani pakta integritas hasil Ijtima Ulama dan tokoh nasional tahun 2023.

“Dengan demikian, maka Tim Ijtima Ulama menyerukan kepada seluruh Rakyat Indonesia agar berjuang sekuat kemampuan untuk memenangkan pasangan Nomor 1 AMIN dalam Pilpres 2024,” kata Azis saat dikonfirmasi VIVA pada Kamis, 14 Desember 2023.

Ijtima Ulama dan tokoh naisonal yang digelar di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023, telah membuahkan satu hasil terkait arah dukungan politik.

Hasilnya, Ijtima Ulama merekomendasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pilpres 2024.

Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar, dikutip Minggu, 19 November 2023. 

Konferensi pers Ijtima Ulama untuk menentukan arah dukungan Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Ijtima Ulama akan mengirimkan pakta integritas kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Pakta integritas itu berisi 13 poin yang disetujui dalam rapat di Ijtima Ulama di Kompleks Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023. 

“Disepakati, pakta integritas. Ada sekitar 13 (poin) yang akan dibawa pakta integritas itu oleh utusan. Kemudian akan disampaikan kepada capres-cawapres yang direkomendasikan oleh acara Ijtima Ulama," ujar Sekretaris SC Tim Ijtima Ulama, Aziz Yanuar, dikutip Minggu, 19 November 2023.

Aziz menyebut, dukungan bulat akan diberikan Ijtima Ulama kepada Anies dan Cak Imin jika keduanya telah menyepakati pakta integritas tersebut. Adapun pakta integritas itu kata dia disusun oleh para ulama, tokoh, hingga lapisan masyarakat yang hadir dalam acara Ijtima Ulama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya