Pratikno Ungkap Hubungan Jokowi dengan PDIP

Mensesneg, Pratikno
Sumber :
  • Kemenag

Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno kembali menegaskan hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tidak ada keretakan alias baik-baik saja.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

“Ya baik-baik aja (hubungan Presiden dengan PDIP),” kata Pratikno di Jakarta pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Memang, sempat jadi pertanyaan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang jarang mendampingi Presiden Jokowi kala kunjungan kerja. Namun, kali ini Jokowi terlihat ditemani Pramono saat mau bertolak ke Jepang dari Lapangan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 16 Desember 2023. Bahkan, terlihat Pramono tertawa ketika Jokowi menunjuk dasi yang dipakainya warna kuning.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Selain itu, Pramono juga terlihat mendampingi Presiden Jokowi saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi bertolak melakukan kunjungan kenegaraan ke Tokyo, Jepang pada Sabtu, 16 Desember 2023. Tampak, Jokowi memakai dasi berwarna kuning. Apa maknanya?

Jokowi bersama rombongan terbatas terbang ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Rencananya, Jokowi kunjungan kenegaraan ke Tokyo hingga 19 Desember 2023.

Terlihat, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memakai baju kemeja putih, dasi warna kuning dan dilapisi jas warna biru gelap. Kemudian, Jokowi ditanya awak media makna memilih dasi warna kuning.

Mantan Wali Kota Solo ini hanya tersenyum dan menjawabnya dengan singkat pertanyaan awak media tersebut. “Masa enggak tahu (artinya dasi kuning apa),” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo

Photo :
  • Istimewa/Biro Pers Istana Kepresidenan

Rencananya, Jokowi Jokowi akan menghadiri tiga acara utama di Tokyo, diantaranya KTT ASEAN-Jepang. Menurut dia, Jepang merupakan mitra penting dan stertagis bagi Indonesia. 

Selain itu, Jepang juga mitra penting dan mitra staretgis bagi ASEAN. Disana, Jokowi akan menghadiri tiga acara utama yakni melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. 

“Bersama PM Kishida, Jokowi juga akan memimpin KTT ASEAN-Jepang, dan menghadiri KTT AZEC (ASEAN zero emission community),” ujarnya.

Pada pertemuan dengan PM Kishida, Jokowi akan membahas kerja sama ekonomi, kerja sama di bidang infrastruktur, transisi energi, mineral kristis dan kerja sama maritim. Lalu, Jokowi dan PM Kishida akan memimpin KTT perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang dengan tema ‘Golden Friendship, Golden Opportunity’.

“KTT ini akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan, antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific,” jelas dia.

Kemudian, Jokowi juga akan menghadiri KTT AZEC yg pertama, setelah diluncurkan disela-sela KTT G20 di Bali beberapa waktu yang lalu. Sebagai co-inisiator AZEC, kata dia, Indonesia akan mengedepankan semangat kolaborasi yang inklusif untuk mewujudkan kawasan bebas emisi.

“KTT iniakan dihadiri oleh Jepang sebagai co-inisiator, Australia, serta negara anggota ASEAN. Pada 19 Desember 2023, Insya Allah saya dan rombongan terbatas akan tiba kembali di Tanah Air,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya