Cak Imin Ngaku Siap Debat Cawapres, Tak Masalah Pakai Podium atau Tidak

Capares nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.
Sumber :
  • Dani Randi/Aceh.

Bekasi - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar  atau Cak Imin mengaku tak mempermasalahkan terkait masukan yang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan podium bagi para peserta debat untuk calon presiden dan wakil presiden. 

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Cak Imin mengaku siap menghadapi debat dengan format apapun yang disiapkan KPU.

"Setuju saja mau pakai (podium) bagus kalau enggak ya kayak kemarin Mas Anies (debat perdana capres 12 Desember 2023) itu," ujar Cak Imin di acara silahturahmi dengan Pimpinan Majelis Taklim, di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Desember 2023.

2 Pasangan Calon Independen Daftar ke KPU untuk Pilwalkot Malang

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Photo :
  • VIVA/Zendy

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menilai format debat yang saat ini ada sudah sangat baik. Namun, ia memandang memang diperlukan adanya perhatian pada aspek lainnya semisal ketertiban paslon dalam membawa jumlah undangan yang sesuai dengan ketentuan KPU.

Reaksi Hakim Konstitusi Dengar Bunyi Handphone saat Sidang Sengketa Pileg di MK

"Kemarin sih sudah berjalan bagus (debat perdana capres). Mungkin penyempurnaan soal harus adil jumlah yang diundang jangan ada yg lebih banyak," kata dia.

Sebelumnya, Komisioner KPU August Mellaz mengatakan rencana soal disediakan podium atau tidak akan dibahas pihaknya. Ia pun tak menutup kemungkinan kalau dibutuhkan akan disediakan podium.

"Ini (Pengadaan podium di panggung debat) kita bicarakan," kata Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023.

KPU RI August Mellaz didampingi anggota KPU Kalimantan Selatan Edy Ariansyah memberikan keterangan kepada wartawan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, 30 September 2022.

Photo :
  • ANTARA/Firman

Di sisi lain, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan format debat capres-cawapres sudah disepakati sejak awal sehingga tidak akan ada perubahan format saat sudah bergulir. 

“Enggak (berubah) kan sudah disepakati sejak awal formatnya seperti ini,” kata Hasyim kepada wartawan, dikutip Rabu, 13 Desember 2023.

Hasyim mengatakan, gelaran debat selanjutnya yang dikhususkan untuk calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, dua dan tiga akan memiliki enam segmen seperti debat perdana. Adapun debat khusus cawapres ini akan digelar pada 22 Desember 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya