Ditanya Mahfud soal Investor IKN, Gibran Jawab "Silakan Di-Google, Sudah Banyak yang Masuk"

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka menjawab dengan lugas pertanyaan cawapres lawannya, Mahfud MD, tentang investasi dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Gibran awalnya menjelasksan, pembangunan infrastruktur tidak boleh hanya mengandalkan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) melainkan juga bisa berkolaborasi dengan swasta, misalnya investasi.

Mahfud, yang diberi kesempatan untuk menanggapi Gibran, mengaku setuju dengan lawannya. Namun, masalahnya, menurut Mahfud, sejauh ini belum ada investor yang berinvestasi di IKN. "Coba sebutkan satu atau dua investor yang berinvestasi di IKN," katanya.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran lebih dahulu menjawab dan mengritik lawannya yang lain, Muhaimin Iskandar, soal konsistensi sikap sang cawapres pasangan Anies Baswedan itu tentang IKN. Sebab, katanya mengingatkan, Muhaimin dahulu mendukung pembangunan IKN tetapi sekarang setelah menjadi cawapres Anies malah menolaknya.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Gibran lantas menjawab pertanyaan Mahfud MD. "Setelah ini silakan 'di-Google' saja: sudah banyak yang masuk: ada [perusahaan] Mayapada, Agung Sedayu."

KPU mengagendakan debat peserta capres dan cawapres Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 diselenggarakan sebanyak lima kali selama masa kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. Semuanya dilangsungkan di Jakarta.

Debat capres dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir dalam lima kesempatan debat itu. 

Tema debat pertama meliputi masalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya