TKN: Prabowo-Gibran Komitmen Sejahterakan Perempuan Sejak dalam Kandungan

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berkomitmen menyejahterakan dan memberdayakan perempuan dalam rangka kemajuan Indonesia. Hal itu juga sejalan dengan visi-misi Prabowo-Gibran dan juga memperingati Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Hari Ibu secara sejarahnya diambil dari kongres perempuan Indonesia yang dilakukan pada tanggal 22 Desember 1928. Prabowo Gibran mengambil komitmen tidak hanya kepada kesejahteraan Ibu, tapi seluruh perempuan di Indonesia," ujar Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN, Francine Widjojo dalam keterangannya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Hal itu disampaikan Francine saat menghadiri webinar Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia 23 Desember 2023  untuk merayakan Hari Perempuan dan Hari Ibu. 

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Francine menyatakan komitmen untuk memberantas korupsi untuk kualitas hidup perempuan, ibu, anak-anak yang lebih tinggi. 

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

"Prabowo-Gibran memahami bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang merampas hak perempuan untuk mendapatkan layanan publik yang terbaik. Di waktu yang bersamaan, Perempuan adalah pilar penting dalam mencegah korupsi," ucap Francine. 

Hal tersebut, kata dia, didukung oleh statistik Bank Dunia serta The Economist yang menyatakan perempuan seringkali menjadi korban korupsi khususnya dalam akses pelayanan publik yang akan diakses ibu-ibu. 

"Untuk agenda Indonesia Emas 2045, kami menaruh perempuan,ibu, dan anak-anak sebagai prioritas tertinggi. Seperti program makan gratis untuk pemenuhan gizi, sekolah dan rumah sakit layak, serta akses kesehatan, hukum, dan kesempatan perbaikan ekonomi yang sudah disiapkan. Namun, kami sadari bahwa proses ini bisa terkendala proses koruptif birokrasi yang sering menyerang perempuan," ujarnya. 

Politisi PSI ini juga menyampaikan bahwa untuk  menyiasati isu korupsi tersebut maka Prabowo-Gibran berkomitmen untuk pemberantasan korupsi dan penegakan hukum sebagai instrumen yang mendukung perempuan dalam mengakses pelayanan publik yang terbaik. 

"Kami percaya bahwa selain memastikan akses pelayanan publik untuk perempuan tidak terkendala korupsi. Kesetaraan gender serta penguatan perempuan ditaruh berurutan dengan reformasi hukum, karena perempuan adalah salah satu pilar penting dalam tercapainya Indonesia Maju tanpa korupsi," tambahnya.

Visi Misi Prabowo-Gibran, lanjut Francine, mempercayai bahwa ibu adalah pembentuk karakter anak sejak dini. Sehingga, pendidikan anti korupsi di level keluarga, sekolah, pekerjaan, atau partisipasi politik akan dilaksanakan. 

“Kami yakin dengan solusi hulu ke hilir untuk menyelesaikan dan mencegah masalah adalah solusi terbaik. Apabila gizi terpenuhi, ekonomi tercukupi, dan pendidikan korupsi juga sudah dilaksanakan harapannya mampu mencegah dan memberantas perilaku koruptif," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya