TKN Nilai Prabowo-Gibran Sanggup Optimalkan Ekonomi Syariah: SGIE Itu Sebagai Parameter

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Calon Wakil Presiden atau cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka dinilai berhasil meguasai pangggung debat pada Jumat 22 Desember 2023. Gibran dinilai luwes dalam memaparkan debat bertemakan ekonomi digital.

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

Dewan Pakar Ekonomi Syariah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rezza Arief Budy Artha menjelaskan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mampu mengoptimalkan ekonomi syariah sebagai motor baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Dalam debat perdana cawapres, Gibran sudah menyampaikan pentingnya menyiapkan strategi untuk mengembangkan ekonomi syariah. Di antaranya mengembangkan sumber daya manusia di sektor perbankan syariah, pariwisata halal, hingga industri halal di Indonesia. 

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

"Kalau kita menyimak debat tadi malam, pasangan Prabowo-Gibran yang diwakili Mas Gibran selaku calon wakil presiden, kita menyimak bagaimana ekonomi syariah ini diangkat secara serius," kata Rezza, dikutip pada Minggu 24 Desember 2023.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Gerindra: Walaupun Kalah di Aceh, Prabowo Janji Kembalikan Dana Otsus 2 Persen

Selain itu, dia juga menyinggung Gibran yang melontarkan State of Global Islamic Economy (SGIE), sebuah indikator dalam ekonomi syariah yang dikeluarkan Dinar Standard. Dalam laporan itu, Indonesia menduduki peringkat keempat setelah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab. 

Rezza mengatakan, dalam mengembangkan ekonomi syariah, pemerintah perlu mengetahui pencapaian berbagai negara di dunia dalam bidang ekonomi syariah yang masing-masing itu ada parameternya. 

"Kalau kita bicara ekonomi syariah, SGIE itu sebagai parameter. Melalui pemahaman terhadap parameter yang baik dan benar kita bisa merumuskan bagaimana mengembangkan ekonomi syariah yang juga baik dan benar ke depan. Itu kuncinya," jelas Rezza.

Rezza juga mengklaim duet Prabowo-Gibran menjadi satu-satunya peserta Pilpres yang memiliki komitmen dan strategi jitu dalam mengembangkan ekonomi syariah sebagai motor baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

"Prabowo-Gibran menyatakan dengan jelas dalam Asta Cita butir kedua, ekonomi syariah adalah poin yang akan kita kembangkan bila Prabowo-Gibran dapat amanah untuk jalankan pemerintahan ke depan," tutur Rezza.

Pujian dari AHY

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY memuji penampilan Gibran Rakabuming saat debat capres cawapres yang digelar KPU RI pada Jumat malam. 

AHY menilai Gibran sukses menyampaikan substansi dengan lugas dari program prioritas yang diperjuangkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

"Saya bisa mengapresiasi Mas Gibran telah menyampaikan subtansi dengan baik. Artinya bisa menunjukan mana saja yang perlu menjadi prioritas dan apa yang akan diperjuangkan ke depan oleh pasangan bapak Prabowo dan Mas Gibran termasuk Koalisi Indonesia Maju," kata AHY kepada wartawan dikutip Minggu, 24 Desember 2023. 

AHY juga memahami bila hasil debat kerap menimbulkan pro dan kontra. Namun, di sisi lain, adanya debat juga membuat masyarakat dapat teredukasi dengan gagasan yang ditawarkan para kandidat.

Selain itu, kata AHY, ajang debat juga menjadi eksposure tersendiri bagi Prabowo-Gibran. Selain itu, kata dia, kampanye langsung turun ke lapangan bertemu dengan masyarakat.

"Saya memang terus menggaris bawahi pentingnya forum debat ini untuk bisa disebar luaskan visi-misi dan program dari paslon yang kami usung," kata Putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya