Mikrofon Cawapres Ketika Debat Dipersoalkan, KPU Beri Penjelasan Begini

Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Hasyim Asy’ari, menjelaskan penggunaan 3 buah mikrofon dalam debat calon capres-cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat malam, 22 Desember 2023. Debat kedua itu khusus untuk cawapres.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Salah satu yang ramai disorot adalah penggunaan banyaknya mikrofon di cawapres. Menurut Hasyim, penyelenggara debat TV juga sudah memberikan klarifikasi terkait mikrofon itu.

“Semua calon yang tampil dalam debat diberikan 3 mic,” kata Hasyim di Jakarta pada Selasa, 26 Desember 2023.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Hasyim mengungkap, 3 mikrofon yang digunakan para calon wakil presiden saat debat pada Jumat kemarin, yakni di dada klip on, menempel di pipi dan telinga serta mikrofon yang dipegang kandidat.

“Itu dalam rangka mengantisipasi siapa tahu ada diantara tiga mic itu yang tidak bisa berfungsi. Masih ada pelapisnya, masih ada mic lain yang masih bisa. Nanti kalau misal mic mati, bicara suara enggak bisa masuk TV kan repot juga. Atau enggak bisa suaranya masuk di pengeras suara di arena debat. Jadi semuanya kita antisipasi itu,” jelasnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kemudian, Hasyim mengatakan KPU juga akan melakukan evaluasi metode pertanyaan singkatan, mikrofon hingga peran moderator sebagai time keeper dalam debat calon presiden dan calon wakil presiden ke depan.

“Iya pasti akan dievaluasi semua masing-masing, apakah mic, apakah tampil tidak di podium, apakah peran moderator, singkatan-singkatan, bahasa asing dan seterusnya. Nanti semua akan kita evaluasi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya