Anies Baswedan Blak-blakan Ungkap Pesan JK sebelum Nyatakan Dukungan Resmi

Arsip foto - Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengungkap pesan mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) agar Anies tak mencalonkan diri sebagai wakil presiden tetapi maju sebagai presiden.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Sebaiknya jangan di posisi itu (wapres) lagi, masa cuma di situ; dan seminggu yang lalu Pak JK mendeklarasikan secara terbuka apa yang disampaikan di Palu, bahwa jangan berhenti di posisi wakil," ujar Anies dalam acara Deklarasi Dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Saat itu, kata Anies, JK mengingatkan alumni HMI sudah pernah menjabat wakil presiden, yakni dia sendiri. Maka sudah sepatutnya ada kader HMI yang menjadi presiden.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Anies Baswedan

Photo :
  • Istimewa

Mantan gubernur DKI Jakarta itu bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siap memegang amanah jika terpilih sebagai pasangan presiden dan wapres. Dia berikhtiar untuk mewujudkan pencapaian itu.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Insyaallah, kita akan mewarnai secara total untuk Indonesia ke depan dan berpasangan kita bekerja; insyaallah kita dwi tunggal yang akan membawa ikhtiar ini ke depan," ujarnya.

Keluarga Besar HMI resmi memberikan dukungannya kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Pemilu Presiden 2024.

"Mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar dalam Pemilihan Presiden tahun 2024," kata inisiator deklarasi Didin S Damanhuri di Swasana Lippo, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Didin berpesan kepada Anies dan Cak Imin agar fokus mengerahkan kemampuan demi tercapainya kehidupan yang adil dan makmur serta diridai Allah.

Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Amin Abdullah Hehamahua menilai dukungan HMI menjadi salah satu kunci memenangkan Anies-Cak Imin. "Rahasianya ada pada alumni HMI," katanya.

Ia pun mendorong seluruh keluarga besar HMI memenuhi tempat pemungutan suara (TPS) pad 14 Februari 2024. Abdullah juga menilai langkah tersebut akan membuat pasangan Anies-Muhaimin tak terkalahkan.

"Pastikan alumni HMI, istrinya, anaknya, tetangganya, tongkrongi TPS, tongkrongi sampai kelurahan dan se-kabupaten, tidak usah tunggu anggaran dari mana-mana," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya