Prabowo Subianto Sangat Menguasai Materi Debat Capres Ketiga

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional, TKN Prabowo-Gibran, Panel Barus, menegaskan bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto sangat menguasai materi debat capres ketiga yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU, di Istora Senayan, pada Minggu, 7 Januari 2024.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Prabowo sangat menguasai sektor pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, juga geopolitik," kata Panel Barus dalam keterangannya, Kamis, 4 Januari 2024.

Bendahara Relawan Pro Jokowi atau Projo, ini menambahkan bahwa capres Prabowo Subianto yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan, telah membuktikan kinerja yang sangat prima. 

Dikabarkan Bakal Jadi Menkeu, Budi Gunadi Jawab Pingin Jadi Menteri Penerangan

Menurutnya, Prabowo mampu membuktikan kepiawaiannya di sektor pertahanan dan keamanan, utamanya industri pertahanan. Peningkatan kapasitas produksi pesawat itu dinilai sejalan dengan meningkatnya permintaan pesawat CN-235 dari berbagai negara.

"Di bawah kepemimpinan Prabowo, industri pertahanan kita mengalami kemajuan. PT Dirgantara Indonesia, misalnya, mampu meningkatkan kapasitas produksi pesawat CN-235 dari hanya 2-3 unit menjadi 8 unit pesawat setiap tahunnya," kata dia.

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

Ia menambahkan, kinerja Prabowo di sektor pertahanan dan keamanan juga telah diakui negara lain. Buktinya, lanjut Panel, sejumlah negara telah menjalin kerja sama pengiriman perwira dan bintara untuk mengikuti pelatihan di Indonesia.

"Prabowo sangat berpengalaman di sektor pertahanan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Jadi apa yang akan disampaikan capres nomor urut 02 nanti bukan sekedar janji, tapi sudah teruji dan terbukti," jelasnya.

Panel menilai Prabowo bakal menjadikan politik bebas aktif sebagai fondasi utama gagasan kebijakan politik luar negeri yang ditawarkan. Kebijakan tetangga baik (good neighbor policy) yang berpusat pada prinsip non-intervensi juga akan diterapkan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka

"Prabowo-Gibran nantinya tidak akan mengganggu dan ikut campur dalam urusan domestik negara lain. Prabowo-Gibran bakal menjaga posisi Indonesia untuk berada di tengah untuk menjaga stabilitas geopolitik kawasan. Ini penting agar Indonesia tidak terjebak dalam konflik maupun ketegangan negara lain," kata dia.

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan penerapan dari prinsip bebas aktif yang selama ini menjadi sikap politik luar negeri bangsa Indonesia

"Smart diplomacy juga akan diterapkan Prabowo-Gibran dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik di masa mendatang," tuturnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilih Umum (KPU) RI mengumumkan lokasi debat debat ketiga Pilpres 2024 akan diadakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat ketiga itu khusus melibatkan tiga capres yang akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, tepatnya Pukul 19.00 WIB. 

"Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2024 bertempat di Istora, tempatnya di Istora Senayan," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2024.

Mellaz juga menjelaskan, ada penambahan subtema dalam debat ketiga kali ini. Mulanya tema debat ketiga memiliki empat subtema, antara lain pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Temanya itu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri. Kemarin kan posisinya 4 tema. Nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri. Kemudian, hubungan internasional kami ekspan dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami ekspans dengan politik luar negeri," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya