TNI: Pembebasan Pilot Disandera KKB Utamakan Pendekatan Polri-Pemkab Nduga

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan
Sumber :
  • Dok Pangdam Cendrawasih

Jayapura - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, upaya pembebasan sandera berkebangsaan Selandia Baru masih terus dilakukan dengan mengedepankan pendekatan Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz dan Pemerintah Kabupaten Nduga.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Saat ini Pemerintah Kabupaten Nduga masih terus melakukan pendekatan dan negoisasi dengan kelompok kriminal bersenjatan (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru.

"Papua masih tertib sipil sehingga mengedepankan Polri dan juga negoisasi yang dilakukan Pemda Nduga agar pilot yang sudah disandera selama sebelas bulan itu dapat dibebaskan," kata Pangdam Izak Pangemanan, Kamis, 4 Januari 2024, di Jayapura, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Ketika ditanya tentang kondisi pilot Philip Mehrtens, Pangdam XVII/Cenderawasih mengakui, berdasarkan foto yang beredar, terungkap kondisinya tampak sehat.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Memang bila terlihat dari foto yang beredar, pilot Philip Mehrtens tampak sehat sehingga dapat disimpulkan KKB memenuhi kebutuhan sanderanya.

Walaupun demikian aparat berharap agar pilot dapat segera dilepaskan agar bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

"Kasihan bila masih terus ditawan dan Kodam XVII/Cenderawasih akan mendukung semua langkah yang diambil baik oleh Polri melalui Satgas Damai Cartenz yang didalamnya juga ada prajurit TNI serta Pemda Nduga," kata Izak.

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)

Photo :
  • Viva.co.id

Pilot Philip disandera sejak 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawatnya lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya