Prabowo-Gibran Komitmen Swasembada Air, TKN: Krisis Air Bersih Juga Ancaman Pertahanan

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Menjelang debat ketiga resmi ketiga KPU yang akan mengangkat isu tentang pertahanan, Komandan Tim Komunikasi Bravo TKN Prabowo Gibran, Budisatrio Djiwandono menekankan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memberikan perhatian khusus terkait pertahanan menghadapi ancaman nonmiliter.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Salah satunya adalah krisis air yang semakin meluas. 

“Ancaman pertahanan tidak hanya yang sifatnya militer saja. Ada juga yang nonmiliter, termasuk krisis air yang terkait langsung pada keberlangsungan hajat hidup masyarakat. Sebagai Menhan, Pak Prabowo bekerja untuk hal ini, dan akan diteruskan sebagai komitmen Pasangan Prabowo Gibran.” jelas Budisatrio kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 6 Januari 2024. 

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 30 Desember 2023

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Kurangnya ketersediaan air bersih ini, jelas Budisatrio, sudah menjadi perhatian dunia dan dicatat oleh PBB sebagai krisis global. “Di Indonesia sendiri, di 2018 saja krisis air bersih melanda 7,7 juta jiwa di 11 Provinsi. Krisis air ini akan jadi pangkal buruknya kualitas hidup, berpengaruh langsung kepada kesehatan dan sanitasi yang buruk.” terangnya. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Untuk mengatasi krisis air tersebut, Prabowo sebagai Menhan telah membentuk Satgas Air Bersih yang digawangi oleh ahli dari Universitas Pertahanan (Unhan). Satgas ini bertugas untuk memetakan dan mengerjakan proyek bantuan sumur bor di daerah yang sering mengalami kekeringan. 

“Sejauh ini, Pak Prabowo sudah meresmikan 110 titik air bersih. Dan sudah lebih dari 138 sumur bor beserta fasilitas penyaluran air bersih telah dibangun dan diserahkan kepada masyarakat. Antara lain di Maluku, NTT, NTB, serta Provinsi di Jawa seperti Jabar, Jateng, Banten dan DIY.” urai Budisatrio.

Budisatrio yang juga merupakan pimpinan Komisi IV DPR RI tersebut menilai, meskipun masih perlu terus ditambah dan disempurnakan, upaya Prabowo dan Unhan mencari sumber air ini sudah mulai berdampak positif. 

“Kita melihat di media kegiatan Pak Prabowo bermain air bersama anak-anak dan masyarakat saat peresmian sumber air. Bisa terlihat wajah sumringah dan bahagia. Memang, bagi masyarakat yang sebelumnya kurangi akses air bersih, memiliki sumber mata air ini adalah sebuah berkah. Kualitas hidup langsung berubah, karena ini kebutuhan primer” jelasnya. 

Prabowo Gibran, lanjut Budisatrio Djiwandono, berkomitmen penuh kedepan untuk memperjuangkan swasembada air bersih di Indonesia. Hal ini juga termaktub dalam dokumen visi misi yang diusung Paslon tersebut. 

“Misinya adalah mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada air. Di Visi Misi Prabowo Gibran ini merupakan  salah satu dari 17 program prioritas, yaitu swasembada air disamping pangan dan energi.” jelasnya. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU

Photo :
  • Istimewa

Berbagai cara yang dilakukan untuk mencapainya, lanjut Budisatrio, adalah dengan meneruskan bantuan pengeboran sumber air di daerah terpencil, merevitalisasi daerah aliran sungai, serta melakukan pipanisasi air. 

“Bagi Prabowo Gibran, mengatasi krisis air ini penting dan prioritas. Selain karena amanat pertahanan negara, ini menjadi penting karena kita tengah menghadapi krisis perubahan iklim yang membuat situasi tak menentu. Krisis air bisa terjadi kapan saja, tahun 2023 kemaren saja contohnya, kita menghadapi kekeringan di berbagai tempat karena El Nino yang sangat lama.” tutup Budisatrio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya