TKN Sebut Tema Debat Ketiga Capres 2024 Makanan Sehari-hari Prabowo

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto diklaim menguasai tema debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024, malam. Diketahui, tema debat ketiga capres 2024 di antaranya, pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri. 

Pemkot Tangerang Sepakati Dana Hibah Pengamanan Pilkada 2024 Sebesar Rp47 Miliar

"Prabowo memiliki keunggulan komparatif sebagai Menteri Pertahanan. Beliau juga sudah pernah menjadi prajurit TNI," kata Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Bobby Adhityo Rizaldi dalam perbincangan di tvOne, Minggu, 7 Januari 2023.

"Dalam konteks sebagai menhan beliau juga banyak melakukan diplomasi internasional, jadi topik debat kali ini ya makanan sehari-harinya," sambungnya

Penampakan Rudal 'Panggul' Chiron Kopasgat TNI AU Jaga Langit Bali saat WWF

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat perdana.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, Bobby berharap penguasaan materi yang dimiliki Prabowo untuk tema debat ketiga capres, dapat disampaikan ke publik dengan baik dan memilih program yang paling realistis untuk membangun sesuatu pertahanan yang baik. 

Ramalan Hard Gumay 2024: Pemerintah Prabowo - Gibran Hati-Hati, Kenapa?

"Jangan sampai dianggap scoop pak Prabowo hanya di organisasi militer saja, karena di dalam visi dan misi pertahanan keamanan negara dalam asta cita nomor 2 itu adalah pertahanan negara yang terbaik adalah mewujudkan kemandirian. Salah satunya memerlukan keutuhan wilayah, nah untuk menjaga keutuhan wilayah itu dibutuhkan militer," tegasnya

Diketahui, KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. 

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya