Pembelian Pesawat Tempur Bekas Qatar Disoal, Prabowo Jawab Semua Fraksi di DPR Setuju

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, dalam forum debat calon presiden di Jakarta, Minggu malam, 7 Desember 2024, menerima sejumlah pertanyaan dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tentang kebijakan pembelian 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Anies mempertanyakan kebijakan itu karena, di antaranya 12 pesawat tempur tersebut dibeli dari uang hasil utang luar negeri, selain juga tidak sesuai dengan kebutuhan akan ancaman pertahanan dan keamanan Indonesia pada masa depan. Sementara Ganjar Pranowo menyoalnya karena menurutnya pesawat-pesawat perang tersebut dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan alusista yang diperlukan oleh TNI.

Prabowo pertama-tama menjawab bahwa data yang disampaikan Anies maupun Ganjar banyak yangt keliru. Padahal, katanya, semua partai politik di DPR, termasuk partai yang mendukung Anies maupun Ganjar, mendukung pembelian 12 pesawat tempur itu.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Semua partai yang mengusung Bapak Profesor Anies mendukung APBN, berarti mendukung program saya; termasuk PDIP di Komisi I," katanya.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Prabowo mengundang Anies dan Ganjar untuk berbicara dalam forum lain, bukan dalam debat capres tersebut, tentang anggaran pertahanan, termasuk dalam hal pembelian 12 pesawat tempur bekas dari Qatar.

Anies lantas membalas jawaban Prabowo dengan mengatakan undangan Prabowo tidak tepat. Sebab, menurutnya, kalau memang bisa disampaikan secara terbuka di hadapan publik, sebaiknya dibuka saja.

Tetapi Prabowo mengoreksi Anies bahwa yang dia maksud bukan di forum tertutup melainkan di forum lain yang terbuka dengan lebih banyak waktu. Sebab, katanya, menyampaikan masalah kompleks pertahanan dan keamanan negara tidak cukup dalam forum debat capres yang waktunya amat terbatas.

Ganjar Pranowo Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Pak Anies, Pak Anies... Saya tidak bicara tertutup, saya bicara di Dewan Perwakilan Rakyat, Komisi I, di mana semua partai yang pengusung Bapak hadir dan menyetujui yang saya ajukan. Dan juga sekarang waktunya enggak ada," ujarnya.

Meski demikian, Prabowo mengingatkan, masalah pertahanan dan keamanan negara bukan untuk konsumsi publik secara umum karena itu menyangkut rahasia negara.

"Saya mengundang kita bicara terbuka, silakan, tapi saya ingatkan Bapak, cinta atau tidak dengan negara ini. Masa kita mau buka semua kekurangan kita, semua masalah kita, kita buka di depan umum. Apakah itu pantas di negara yang baik, di negara maju masalah rahasia. Jadi, bohong, [saya] tidak minta tertutup, saya terbuka, Komisi DPR, terbuka," katanya.

Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya