Anies Ingin Bangun Rumah Kebudayaan Indonesia di Seluruh Dunia

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan keinginannya untuk membangun rumah kebudayaan Indonesia di seluruh dunia sebagai upaya untuk mempromosikan budaya Nusantara.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Hal itu disampaikan Anies ketika menjawab pertanyaan soal strategi untuk mempromosikan budaya populer Nusantara pada Debat Pilpres 2024, di Istora Senayan, Minggu, 7 Januari 2024.

"Sehingga di tiap-tiap region (kawasan), kita akan memiliki satu tempat di mana Indonesia menunjukkan karya budayanya," ucapnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Anies juga menekankan bahwa mewujudkan hal tersebut diperlukan modal awal yang harus difasilitasi oleh negara, dengan memandang biaya yang dikeluarkan sebagai investasi di masa depan.

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Selain itu, dia menyampaikan dalam menerapkan strategi diplomasi budaya tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan seluruh elemen, mulai dari lembaga negara hingga pemuda. 

"Kami berencana di dalam diplomasi (budaya) ini melibatkan semua. Diaspora dilibatkan, mahasiswa dilibatkan, mereka (WNI) yang berada di luar diajak menjadi bagian dari diplomasi," kata Anies.

Sebagai informasi, debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi debat 150 menit. Setiap segmen memiliki fokus yang berbeda.

Segmen pertama adalah pembukaan dengan penyampaian visi misi terkait tema. Kemudian segmen dua hingga lima adalah  waktu dimana antar kandidat bisa saling bertanya. Sementara segmen enam adalah penutup, dimana para kandidat menyampaikan pernyataan pamungkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya