Hindari Konflik Pembangunan di Daerah, Cak Imin: Bukan dengan Cara Pakai Pakaian Adat Setahun Sekali

Debat cawapresn kedua Pilpres 2024.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Jakarta – Calon wakil presiden nomer urut satu Muhaimin Iskandar Atau Cak Imin mengungkapkan apa yang akan dilakukannya jika capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memastikan pembangunan tidak bermasalah di daerah. Khususnya dengan masyarakat adat setempat.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

Hal itu disampaikannya dalam debat pilpres keempat yang dilakukan oleh para cawapres malam ini. Gelaran itu dilakukan di JCC Senayan, Jakarta, Minggu 21 Januari 2023.

"Agar tidak terrjadi konflik antara PSN (Proyek Strategis Nasional) dan masyarakat adat kita harus punya prinsip tidak ada satu pun yang ditinggalkan dalam mengambil keputusan," ujar Cak Imin.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Cak Imin.

Photo :

Dia pun mengungkapkan, Pemerintah harus memberikan ruang kepada masyarakat adat untuk dapat mendukung pembangunan yang dilakukan. Sehingga kesejahteraan dan kepentingan mereka pun juga bisa diakomodir.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

"Menghormati masyarakat adat bukan dengan pakai baju adat 1 tahun sekali  pas 17 Agustusan. Bukan. Tapi menghormati masyarakat adat memberikan ruang hak ulayat mereka, budaya, spiritual dan menentukan cara membangun," ungkapnya.

"Ini agar kita tidak salah jalan dalam melakukan pembangunan," tegasnya.

Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun debat hari ini mengambil sebuah tema yakni pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya