Momen Gibran Berulang Kali Sebut Nama Tom Lembong saat Debat Keempat Pilpres

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, beberapa kali melontarkan sindiran kepada Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dalam debat keempat Pilpres 2024. Gibran juga beberapa kali menyebut nama salah Co-Captain dalam timnas pemenangan Anies-Muhaimin, Thomas Trikasih Lembong dalam debat Minggu malam itu.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Setidaknya Gibran menyebut nama Tom Lembong 2 kali dalam debat tersebut. Pertama yaitu saat menyindir Cak Imin menyontek saat melontarkan pertanyaan kepadanya.

Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka debat dengan Cawapres 01 Muhaimin Iskandar

Photo :
  • KPU
Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Dalam momen tersebut, Gibran menuding Cak Imin tak mengerti pertanyaannya sendiri. Gibran menuding Cak Imin hanya membacakan pertanyaan yang dibuat Tim Lembong.

"Gus Muhaimin juga tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya mungkin itu kan mungkin dapat contekan itu dari Pak Tom Lembong mungkin itu ya," kata Gibran saat debat.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Dalam momen lain, Gibran juga kembali menyebut nama Tom Lembong, yakni ketika Gibran melontarkan pertanyaan mengenai Lithium Ferro-Phosphate (LFP). Menurut Gibran, Lembong yang menjadi bagian dari Timnas Amin kerap kali menyebut mengenai LFP yang merupakan alternatif pengganti nikel.

"Lithium Fero Phospate tadi sudah saya bilang. Itu sering digaungkan Pak Tom Lembong," kata Gibran.

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Debat cawapresn kedua Pilpres 2024.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Cawapres keempat ini, membahas mengenai pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya