Gimik Gibran saat Debat Disorot, TKN: Itu Bagian Intermezzo, Gaya Komunikasi Sebagai Orang Jawa

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming buka suara soal gimik yang ditampilkan Gibran dalam debat keempat pada Minggu malam, 21 Januari 2024. Gimik Gibran yang ditujukan untuk cawapres Mahfud MD itu jadi sorotan.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Dalam debat itu, Gibran memperagakan gimik seolah-olah cari jawaban untuk menyindir Mahfud MD. Wali Kota Solo itu melakukan demikian karena merasa tak puas dengan jawaban Mahfud MD soal green inflation atau inflasi ramah lingkungan.

Terkait itu, Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan gimik Gibran merupakan bagian dari gaya komunikasi sebagai orang Jawa.

Respons Mahfud MD soal Rencana Pengesahan Revisi UU MK yang Pernah Ditolak

"Saya anggap, gimik, gimik semalam itu bagian dari intermezzo, bagian dari gaya komunikasinya Mas Gibran sebagai orang Jawa," kata Nusron dalam konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Senin, 22 Januari 2024.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid

Photo :
  • Dok.Istimewa
Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Menurut dia, tujuannya Gibran dengan Gimik itu tak lain karena Gibran ingin jadikan debat Pilpres 2024 sebagai sarana entertainment. Dengan demikian, penonton terutama anak-anak muda tidak menjadi apolitis.

"Serta menjadi tekun untuk mengikuti debat tersebut, sehingga ternyata debat presiden itu bukan sesuatu yang kaku, bukan sesuatu yang monoton. Tetapi, bisa atraktif, bisa rileks, tanpa harus serang pribadi," jelasnya.

Diketahui, momen Gibran mengeluarkan gimik mencari-cari jawaban yang telah diberikan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD tengah jadi perhatian. Saat itu, Gibran bertanya ke Mahfud soal cara mengatasi green inflation.

Mahfud MD menjawab green inflation yang dimaksud Gibran sama dengan ekonomi hijau. Pun, selesai menjawab, Gibran memperagakan celingak-celinguk mencari jawaban Mahfud MD.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya? Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” kata Gibran, Minggu, 21 Januari 2024.

Gibran juga beberapa kali sempat menyentil Cak Imin saat debat. Salah satunya terkait pemakaian botol plastik di kubu Anies Baswedan-Cak Imin. Padahal, tema debat keempat salah satunya membahas soal ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya