Kampanye di Kandang PDIP, Kaesang Pangarep: 14 Februari Coblos PSI, Merahnya Sama tapi Beda

Ketum PSI Kaesang Pangarep saat orasi kampanye di Lapangan Jajar, Solo, Senin, 22 Januari 2024. (Fajar Sodiq)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Kaesang Pangarep menyindir PDIP saat menggelar kampanye terbuka di Lapangan Jajar, Laweyan, Solo pada Senin, 22 Januari 2024. Ia mengajak pendukungnya agar tidak salah partai yang dicoblos pada 14 Februari 2024 mendatang.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Kampanye terbuka perdana yang digelar DPD PSI Solo dihadiri ribuan pendukungnya yang memakai kaus bergambar pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka.

Selain dihadiri Kaesang, kampanye itu juga dihadiri petinggi PSI lainnya seperti Sekjen Raja Juli Antoni, Ketua Dewan Pembina Giring Ganesha, dan sejumlah calon anggota legislatif mulai dari DPR RI, DPRD Provins Jawa Tengahi hingga DPRD Kota Solo.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Kaesang yang didampingi istrinya Erina Gudono, langsung naik ke panggung untuk menyapa dan memperkenalkan dirinya kepada massa pendukungnya. Ia terlihat memakai jaket biru muda seperti yang dipakai Gibran saat debat cawapares pada Minggu malam.

“Bapak ibu kabeh (semua), aku dudu (bukan) Gibran ya, bedo uwong (beda orang). Nek (kalau) aku Ketum PSI karo sing duwe (sama yang punya) Persis Solo. Nek (kalau) Mas Gibran Wali Kota Solo karo (dan) cawapres Pak Prabowo, bedo yo (beda ya). Yo nek diceluk (kalau dipanggil)  Mas Gibran yo wis (ya sudah), pasrah aku,” ujar Kaesang saat membuka orasi kampanye, Senin, 22 Januari 2024.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Setelah itu, Kaesang mengajak para  simpatisan yang hadir dalam kampanye itu untuk memilih PSI pada pemilu legislatif atau pileg yang digelar serentak pada 14 Februari 2024. Namun ia meminta kepada pendukung tidak salah pilih dengan partai politik lainnya yang memiliki warna atribut yang sama. Diduga partai yang disebut memiliki warna tribut berwarna merah adalah PDIP.

“Yang penting tanggal 14 Februari ojo lali (jangan lupa) ke TPS yo. Coblos PSI, abange podo tur bedo yo (merahnya sama tapi beda ya),” kata  Kaesang yang juga pengusaha Sang Pisang itu.

Lebih lanjut, putra bungsu Presiden Jokowi itu juga mengungkapkan jika PSI dipimpin anak muda sehingga lebih bersemangat. Dalam orasinya, Kaesang menyebut dirinya tidak memelihara kumis.

Sing iki ketua umume iseh enom (yang ini ketua umumnya masih muda), iseh (masih) semangat. Aku yo ora brengosen, brengosku sitik (saya tidak berkumis, kumisku sedikit),” jelasnya. Apakah itu untuk menyindir mantan Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang dikenal memiliki kumis yang tebal, Kaesang tidak menjelaskan.

Saat awak media mencoba mencegat untuk wawancara dan meminta penjelasan, Kaesang langsung bergegas masuk ke tenda VVIP tanpa mengeluarkan sepatah kata. Menurut petugas yang berjaga, Kaesang akan segera pindah ke lokasi kampanye lainnya di Karanganyar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya