Peduli Kesenian Tradisional, Idris Sandiya Kampanye Kreatif Lewat Ondel-ondel

Kampanye Idris Sandiya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Banyak cara dilakukan untuk mendongkrak pengenalan sekaligus kesukaan seorang  calon anggota legislatif. Salah satunya, dengan cara menggandeng komunitas seniman ondel-ondel khas Betawi dan kelompok musik Rebana Ibu-ibu pengajian.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Itulah kampanye kreatif yang dilakukan Idris Sandiya, caleg DPR RI dari Nasdem di Dapil 6 Jabar, Kota Depok dan Kota Bekasi.

Sejumlah kelompok seniman tradisional Betawi itu diajaknya kerja sama. Khususnya, mereka yang memang dianggap sudah sejalan dengan visi misinya atau sudah mendukungnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kampanye Idris Sandiya

Photo :
  • Dok. Istimewa

“Saya merasa penting merangkul mereka dalam berkampanye. Selain bertujuan untuk memperkenalkan diri, visi dan misi saya, juga untuk kepentingan merawat kelestarian budaya tradisional seperti ondel-ondel dan rebana,” katanya.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Menurut Idris, kemasan kampanye seperti ini harus dilakukan agar seorang politisi tak hanya berpikir untuk menang dan terpilih, tapi juga punya kepedulian terhadap nasib budaya tradisional bangsa. Inilah kampanye yang berbasis pada kultur lokal dimana seorang caleg berada.

Hal itu misalnya, terlihat saat beberapa grup ondel-ondel dengan musik khas Betawinya berkeliling ke rumah-rumah padat penduduk di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi untuk mengenalkan Idris Sandiya dan Partai Nasde, dilansir Sabtu, 3 Februari 2024.

Saat ditemui sejumlah awak media, koordinator Ondel-ondel, Tiara mengungkapkan rasa senangnya diajak kerjasama oleh Idris Sandiya. 

“Baru kali ini ada caleg yang peduli kepada seni budaya tradisional Betawi dengan cara mengajaknya ikut berkampanye” sambutnya.

Menurut Tiara, cara kampanye seperti ini diyakininya efektif untuk meraih simpati warga. Terbukti, saat dia dan kelompok Ondel-Ondelnya berkeliling kampung, banyak warga, khususnya emak-emak dan anak-anak yang sangat antusias. Mereka tidaknya sekedar menonton saja, tetapi juga ikut serta berkeliling masuk ke gang-gang bersama pawai ondel-ondel.

selaku Koordinator, Tiara juga berterimakasih karena sudah diberikan tempat untuk terlibat aktif dalam memeriahkan pesta demokrasi.

“Terimakasih Kang Idris, sudah menjadi pelopor berkampanye pakai ondel-ondel. Insha Allah, dengan ketulusan dan kesungguhan menyapa rakyat serta  meyakinkan rakyat, Kang Idris akan terpilih menjadi wakil kami di DPR RI,” tegasnya.

Sementara itu, Idris Sandiya juga mengaku senang bisa diterima baik oleh kelompok seniman tradisional, menurutnya berkampanye melalui seni tradisional Ondel-Ondel ini adalah bentuk kepedulian dan penghargaan kepada insan seni tradisional.

Ondel-ondel di Taman Suropati

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Sebab mereka-lah yang selama ini merawat kesenian Tradisional di tengah masuknya berbagai budaya luar ke Indonesia.

“Jujur saja, saya sangat senang dan bangga bisa bersama-sama seniman Odong-Odong untuk menyongsong pesta demokrasi dengan riang gembira. Bagi saya mereka adalah orang-orang hebat yang merawat kelestarian seni tradisional di tengah budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya