Prabowo: RI Masuk 10 Negara dengan Angka Kematian Ibu Tertinggi saat Melahirkan

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menjawab pertanyaan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai masalah perlindungan perempuan. Saat itu Anies bertanya kepada Prabowo mengenai persoalan perlindungan terhadap perempuan saat ini, khususnya mengenai perlindungan perempuan dari tindak kekerasan.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Prabowo menjawab bahwa dirinya bersama Gibran tentu akan memberikan fokus terhadap perempuan. Seperti dalam program mereka yang akan memberikan bantuan gizi kepada para ibu hamil.

"Kita benar-benar melihat bahwa pelayanan perempuan sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa Karena itu fokus saya adalah tadi membantu isi makan untuk ibu-ibu yang hamil," kata Prabowo, Minggu malam 4 Februari 2024.

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Merupakan Bagian dari Keluarga Besar NU

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo mengatakan, pelayanan kesehatan terhadap perempuan dan Ibu hamil sangat penting. Angka kematian ibu hamil saat melahirkan harus dikurangi.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

"Pelayanan kesehatan ini saya kira sangat penting. Kita harus kurangi secara drastis angka kematian ibu, yang kita termasuk 10 negara tertinggi angka kematian ibu pada saat melahirkan," kata Prabowo.

"Jadi saya kira upaya untuk kesetaraan gender sangat penting, juga di bidang politik kita melihat kaum perempuan sudah sangat mengambil peran yang sangat menonjol. Saya akan mendorong peranan itu di pemerintahan yang saya pimpin kalau saya dipilih," ujar Prabowo

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat capres perdana di kantor KPU, 12 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Debat kandidat dalam Pilpres 2024 ini akan digelar sebanyak lima kali dimana debat Capres dilakukan tiga kali dan dua kali untuk debat Cawapres. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Debat yang digelar pada hari Minggu, 4 Februari 2024 ini merupakan debat kelima atau debat yang terakhir yang diselenggarakan oleh KPU RI. Debat terakhir ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Tema debat kelima kali ini meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

 – 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya