AHY Pamer Program Hilirisasi di Era SBY, Dilanjutkan Presiden Jokowi

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan program hilirisasi perekonomian sudah dilakukan sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dilanjutkan oleh Presiden RI, Jokowi.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Program hilirisasi sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tahun 2013 di era pemerintahan Presiden SBY, khususnya dalam sektor pertambangan," ujar AHY saat pidato politik di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Selasa, 6 Februari 2024.

AHY mengatakan di era pemerintahan SBY, negara tidak diperbolehkan untuk mengekspor bahan mentah. Selain itu, lanjut dia, industri pertambangan juga diwajibkan untuk membangun smelter di lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Reorganisasi antara MIND ID dan INALUM akan mengakselerasi program hilirisasi

Photo :
  • INALUM

Pembangunan tersebut pun, kata AHY, tetap memperhatikan situasi alam sehingga tidak merusak ekosistem lingkungan. "Kita juga melibatkan pekerja lokal, serta menjaga dan menghormati hak adat setempat," jelasnya.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

AHY menambahkan bahwa program hilirisasi perekonomian saat ini masih terus berjalan dan bakal dilanjutkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka jika nanti terpilih di Pilpres 2024.

Maka itu, AHY berharap para simpatisan dan seluruh masyarakat memenangkan Prabowo-Gibran dalam pilpres teguh ini demi kemajuan ekonomi bangsa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Penghitungan surat suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 
Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya