Ganjar Sebut 3 Jenderal Mencla-mencle, TKN: Seorang Capres Mestinya Gak Nyasar ke Personal

TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merespons pernyataan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo yang menyebut tiga jenderal mencla-mencle atau tidak konsisten dalam perkataan dan tindakannya. Ganjar menyinggung tiga jenderal itu karena mendukung seseorang yang pernah dipecat di masa lalu. 

Politisi Demokrat Heran dengan Narasi Oposisi yang Dideklarasikan Ganjar Pranowo

Adapun tiga jenderal yang dimaksud eks Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto, eks Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dan Menko Marves Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Terkait itu, Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menilai harusnya sebagai seorang capres, Ganjar lebih mengedepankan narasi yang edukatif. Bukannya justru menyasar dan menyerang personal pihak lain yang berseberangan pilihan dengannya.

Ganjar Deklarasi Tak Mau Gabung Pemerintah, Gerindra Bilang "Tidak Akan Menghalangi"

"Saya pikir, kita lebih baik mengedepankan gagasan. Narasi-narasi kita apalagi seorang capres semestinya edukatif. Gak menyasar ke personal," kata Habiburokhman, Rabu, 7 Februari 2024.

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Menurut dia, susah jika harus jadi hakim moral bagi orang lain. Sebab, bisa saja, pernyataannya itu berbalik menjadi penilaian masyarakat ke dirinya sendiri.

"Susah kalau menjadi hakim moral untuk orang lain. Dia ngomongin orang mencla-mencle, nanti rakyat yang nuduh dia mencla-mencle, kan kita enggak enak juga," tutur Habiburokhman.

Sebelumnya, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyebutkan, ada tiga jenderal yang mencla-mencle dan tidak akan menjadi panutannya. Ganjar menyatakan hal itu karena melihat ketiga jenderal ini tidak satu kata antara pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Ganjar lalu menyinggung momen pemilu sebelumnya. Dia bilang di momen pemilu sebelumnya, ada tiga jenderal yang mengajak agar tak pilih pemimpin yang dulu pernah dipecat saat aktif di militer.

"Dua pemilu lalu, jenderal bintang 4 mengatakan, 'Dia, saya yang pecat'. Begitu katanya. Satu dalam diskusi kecil disampaikan, 'Bagaimana orang memilih itu, catatan sejarahnya begini, psikologinya begini dan dipecat," kata Ganjar di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu, 7 Februari 2024.

Ganjar juga sempat bilang ada satu jenderal lain yang menyebut pensiunan TNI bodoh jika memilih calon pemimpin yang dulunya pernah dipecat.

Dia pun heran tiga jenderal itu saat ini malah dukung calon pemimpin yang pernah mereka pecat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya