Kaesang: PSI Banyak Serap Aspirasi Warga soal Penghapusan Kartu Tani

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengatakan PSI selama masa kampanye Pemilu 2024 ini menyerap aspirasi dari masyarakat terkait penghapusan kartu tani. Menurut dia, kartu tani ini dianggap mempersulit para petani.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

“Salah satu yang saya rasa di mana-mana banyak banget (disampaikan masyarakat), khususnya di Jawa Tengah, minta (kartu tani) untuk dihilangkan,” kata Kaesang dikutip pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Adapun, putera bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menyebut para petani ingin kebijakan kartu tani ini dihapus karena mempersulit untuk mendapatkan pupuk subsidi. Diketahui, kartu tani pertama kali mulai berlaku di Pulau Jawa tahun 2018, yang khusus dibuat pemerintah untuk mengalokasikan pupuk subsidi.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

“Persoalan ini menjadi sorotan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yakni menjamin ketersediaan pupuk, benih, dan pestisida langsung ke petani,” jelas dia.

Disamping itu, Kaesang mengaku sudah berkeliling Indonesia untuk melakukan kampanye PSI agar bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. “Saya setelah menjadi ketua umum mutar ke-34 provinsi, 118 kota dan kabupaten. Sudah kami putar,” pungkasnya.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat bersama Presiden Jokowi di Bandung

Photo :
  • PSI

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Untuk Pilpres 2024, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024