Polisi Kerahkan 460 Personel Jaga TPS di Kota Jayapura Papua

Kapolresta Jayapura Kota saat memeriksa kesiapan perlengkapan anggota
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua – Ratusan personel Polresta Jayapura Kota dikerahkan amankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 14 Pebruari 2024 di Kota Jayapura, Papua. 

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Personel yang dikerahkan itu sebanyak 460 personel yang diawali dengan melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS. 

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor D Mackbon menyampaikan 460 personel Polresta akan laksanakan pengamanan di seluruh TPS yang ada.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

“Ke 460 personel yang disiagakan ini akan melaksanakan pengamanan di 940 TPS di Lima Distrik yang ada di Kota Jayapura. Walaupun jumlah TPS lebih banyak dari pada personel kami, tapi masing-masing TPS sudah ada komposisinya, dan personel juga sudah dipetakan untuk TPS aman, rawan dan sangat rawan," ucap dia saat dijumpai Media bertempat di Lapangan PTC Entrop, Sabtu 10 Pebruari 2024.

Ilustrasi pemilihan umum, tinta pada jari setelah selesai pencoblosan. Foto: Shutterstock

Photo :
  • vstory
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Lebih lanjut kata Kapolresta, mereka juga kami perintahkan untuk H-2 akan dilakukan pergeseran Logistik Pemilu agar dapat mengupdate lokasi TPS masing-masing, yang pertama yakni Distrik Muara Tami.

"Sepanjang pergeseran pasukan kami, sudah kami sampaikan mereka baik personel maupun KPU harus mengupdate posisi TPS dan mengenali pengeyelnggaranya. Agar pada saat masa tenang nanti kami bisa fokus untuk mengupdate situasi dan kondisi setiap TPS yang ada," ungkap Kapolresta.

Mackbon menegaskan, setiap Distrik memiliki TPS Rawan dan Sangat Rawan, penangannya akan berbeda bila membutuhkan backup jika alami ancaman, ada personel Polresta yakni PHH, ada BKO Brimob Nusantara dan juga TNI.

Pencoblosan ulang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Untuk TPS rawan, kami kondisikan dua personel yang lakukan pengamanan, sementara untuk TPS Aman ada yang satu personel amankan beberapa TPS. Tebtunya untuk mengklarifikasikan suatu TPS dengan kategori Rawan atau Sangat Rawan yakni berdasarkan Pemilu yang lalu dan adanya prakiraan mobilisasi masa serta medan-medan yang sulit seperti di perbatasan serta lokasi yang angka kriminalnya tinggi," jelas Kapolresta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya