Di TPS Tempat Gibran Rakabuming Raka Mencoblos Dekorasinya ala Hari Valentine

TPS 034 Manahan yang menjadi tempat mencoblos Gibran mengusung konsep Hari Valentine
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Calon wakil presiden atau cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dan istirinya akan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 dengan mencoblos besok di Tempat Pemungutan Suara atau TPS  034 Kelurahan Manahan, Rabu, 14 Februari 2024.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

TPS yang menempati lahan parkir lapangan futsal di Kampung Tirtoyoso RT 4 RW 13 Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo itu mengusung konsep Hari Valentine. Karena setiap 14 Februari memang selalu dirayakan sebagai hari Valentine atau kasih sayang.

Pantauan VIVA, sebuah tenda telah telah berdiri di lahan parkir Urban Soccer Field yang terletak di pinggir Jalan Ahmad Yani No 321 Manahan, Solo Jawa Tengah. Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 034 terlihat sibuk melakukan persiapan untuk menata meja, kursi hingga kain penutup berwarna putih di TPS tersebut.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menariknya di TPS yang menjadi tempat Gibran dan istrinya menggunakan hak pilihnya itu, didominasi warna pink. Mulai dari kain penutup tenda hingga kain dekorasi yang didominasi warna pink. Selanjutnya nuansa Hari Valentine juga tampak dalam banner tulisan selamat datang yang berwarna pink lengkap dengan simbol cinta ‘saranghaeyo’.

Ketua KPPS 034 Kelurahan Manahan, Heru Mawanto mengatakan persiapan untuk mendirikan TPS 034 Manahan telah dilakukan sejak Senin, 12 Februari 2024 kemarin dengan memasang tenda. Sedangkan pada hari ini dilanjutkan dengan memasang kain dekorasi, kain penutup hingga memasang meja dan kursi di lokasi tempat pencoblosan.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

“Kita akan setting meja dan semua peralatan di TPS ini tanggal 13 Februari 2024 ini. Kita akan dekor dan pasang-pasang (perlengkapan),” kata dia saat ditemui di TPS 034 Kelurahan Manahan, Selasa, 13 Februari 2024.

Menurut Heru, karena hari dan tanggal pencoblosan bertepatan dengan perayaan Hari Valentine sehingga petugas KPPS memutuskan untuk mengusung konsep Valentine dalam mendekorasi TPS tersebut. Tak pelak kain berwarna pink yang identik dengan perayaan Hari Valentine mendominasi dalam TPS yang akan digunakan cawapres nomor urut 2 dan istrinya untuk menggunakan hak suaranya.

“Kebetulan pemilu-nya pas di tanggal 14 Februari dan itu biasanya Hari Velentine sehingga mengambil tema valentine dengan background warna-warna pink,” ungkapnya.

Heru mengatakan di TPS 034 Kelurahan Manahan itu akan menjadi lokasi pencoblosan cawapres nomor urut 2 dan Selvi Ananda. Pasalnya kedua nama tersebut tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)  di TPS yang terletak di halaman tempat penyewaan lapangan futsal itu. 

“Untuk cawapres atas nama Gibran dan istrinya Selvi itu masuk di DPT ini 034 jadi dia akan mencoblos di sini. Dari dulu keluarga Pak Jokowi kan (mencoblos” di sini. Kita tidak pernah melakukan secara khusus, dari dulu pelayanannya seperti masyarakat biasa,” kata dia.

Sedangkan terkait jumlah DPT di TPS 034 Manahan, Heru menyebutkan tercatat sebanyak 182 pemilih. Dari daftar tersebut terdapat nama cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Sedangkan Kaesang saat ini tidak tercatat sebagai daftar pemilih di DPT tersebut karena kini sudah pindah ke Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya