Respons soal Dugaan Kecurangan Pemilu di LN, Anies: Mudah-mudahan Tak Terjadi di Indonesia

Anies Baswedan Nyoblos Pemilu 2024
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta – Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan merespons terkait dengan ramainya dugaan kecurangan proses Pemilu 2024 yang terjadi di luar negeri. Namiun, Anies berharap kecurangan pemilu 2024 tak terjadi di Indonesia.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Saya tak ada tanggapan, mudah-mudahan tidak terjadi di Indonesia," ujar Anies di lokasi TPS 060, Jakarta Selatan pada Rabu 14 Februari 2024.

Anies saat di kediamannya minta agar seluruh rakyat Indonesia datang ke Tempat Pemungutan Suara atau TPS di wilayah masing-masing untuk penuhi kewajibannya saat Pemilu 2024. Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga minta masyarakat kembali ke TPS untuk melakukan pengawasan suara perhitungan.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Anies Baswedan Nyoblos Pemilu 2024

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia bilang jika terjadi sebuah kecurangan maka sebaiknya langsung dilaporkan lewat sejumlah platform yang tersedia.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

"Tapi, jam 1 setelah ditutup kembalilah ke TPS. Awasi penghitungan. Laporkan kepada platform-plaltform untuk mengawal penghitungan suara se-Indonesia," kata Anies di kediaman pribadinya, Jakarta Selatan, pada Rabu 14 Februari 2024.

Anies menyampaikan saat ini rakyat Indonesia bukan hanya melakukan pengawalan suara kepada salah satu paslon. Namun, menurut dia, pengawasan itu bertujuan untuk tetap memantau suara tersebut. "Ingat ya, ini bukan mengawal suara paslon, ini mengawal suara rakyat," kata Anies.

Pun, dia menuturkan usai pencoblosan, ada rencana mengikuti agenda di Timnas Pemenangan Anies-Cak Imin (Amin) di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat. "Nanti agak siangan saya ke Markas Timnas Diponegoro," tuturnya.

Dia berharap agar Pemilu 2024 ini bisa berjalan lancar sampai dengan penghitungan suara tuntas nanti. Ia meminta semua masyarakat tak terkecuali para pendukungnya untuk sabar menantikan hasil penghitungan suara tersebut.

"Saya garisbawahi, kita menginginkan pemilu yang jujur dan adil agar menghasilkan Pemilu damai. Insya Allah pemilu kali ini juga pemilu yang jujur, adil dan masyarakat juga menerima hasil dengan baik, kondisinya damai, tenang, teduh untuk semuanya," kata Anies.

Sementara itu, Anies juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang sudah berjuang hingga sejauh ini. Sebab, ia menilai petugas KPPS itu sudah bekerja secara profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya