Prabowo-Gibran Unggul Telak Versi Quick Count, Hensat: Mengejutkan, Saya Wao Banget

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Pasangan capres cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul sementara berdasarkan perhitungan cepat atau quick count versi lembaga survei. Duet Prabowo-Gibran bahkan unggul telak dari dua pasangan calon rivalnya.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Salah satu lembaga survei yang melakukan quick count adalah Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi). Direktur Eksekutif Kedai Kopi Hendri Satrio alias Hensat mengaku terkejut dengan keunggulan telak Prabowo-Gibran dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hensat menilai keunggulan telak sementara Prabowo-Gibran di quick count itu jauh di atas prediksi lembaga survei sebelumnya. Ia menyinggung duet yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu adalah didukung penguasa.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

"Maka memang terlihat sekali kekuatan dominasi penguasa ini jauh di atas prediksi survei-survei sebelumnya," kata Hensat dalam Breaking News tvOne yang dikutip VIVA pada Rabu, 14 Februari 2024.

Dia mengaku juga terkejut dengan hasil sementara Prabowo-Gibran lantaran di luar prediksi sebelumnya.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

"Mengejutkan, pakai Z ini mengezutkan. Karena ini bisa lebih 60 persen, menurut saya wao banget gitu karena di luar prediksi," jelas Hensat.

Pengamat politik Hendri Satrio

Photo :

Namun, ia menuturkan dengan demikian bisa dinilai pasangan kontestan pilpres yang didukung penguasa maka punya peluang menang besar.

"Kalau dilihat dari sini memang catatannya di mana ada penguasa itu kemungkinan menangnya tinggi sekali," tutur Hensat.

Bagi dia, jika melihat hasil data sementara quick count, maka sulit mengalahkan Prabowo-Gibran. "Kalau melihat hasil sementara ini memang sulit mengalahkan penguasa yang memang juga ikutan berkontestasi. Apapun itu harus dibaca ke sana," tutur dosen Universitas Paramadina tersebut.

Dia bilang dengan dinamika flutuaksi yang terjadi, faktor dukungan penguasa untuk pilpres punya peranan.

"Dan, itu bisa dilihat terakhir per saat ini yang didukung penguasa adalah yang menang gitu," ujar Hensat.

Menurut dia, pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud memang sempat 'dicap' penguasa. Namun, begitu Gibran Rakabuming resmi maju jadi cawapres Prabowo maka kekuatan penguasa ada di pasangan nomor urut 2.

"Maka memang terlihat sekali kekuatan dominasi penguasa ini jauh di atas prediksi survei-survei sebelumnya," sebut Hensat.

Dari data sementara survei quick count Kedai Kopi per pukul 16.34 WIB dengan sampel suara 71,9 persen, pasangan Prabowo-Gibran meraup 59,7 persen. Lalu, duet Anies-Cak Imin 23,42 persen, Ganjar-Mahfud 17,41 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya