KPU Catat Sejumlah Kendala saat Pemungutan Suara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – KPU RI mengklaim pemungutan suara Pemilu 2024 berjalan lancar. Meski begitu, KPU juga mencatat terdapat beberapa kendala yang sempat terjadi dalam proses pemungutan suara hari ini. 

KPU DKI Sebut Hanya Dharma Pongrekun yang Serahkan Berkas Pendaftaran Cagub via Jalur Independen

"Kepada pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, Panglima TNI, Kapolri, beserta jajarannya yang telah memberikan dukungan dan fasilitasi untuk penyelenggaraan pemungutan penghitungan suara," kata  Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam, 14 Februari 2024. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Photo :
  • Tangkapan layar KPU
Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo: Generasi Muda Melihat Siapa yang Tulus dan Dibuat-dibuat

Hasyim pun menjelaskan sejumlah kendala yang sempat terjadi. Salah satunya yakni perusakan logistik di 92 TPS Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

"Kita ketahui oleh teman-teman semua, pada hari Senin, tanggal 12 Februari 2024 telah terjadi pengerusakan alat perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pada 92 TPS di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah," kata Hasyim.

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

Hasyim menututkan, berdasarkan laporan per pukul 18.00 WIB terdapat surat suara yang tertukar. Hal itu terjadi di 388 TPS yang tersebar di 79 kabupaten/kota pada 26 provinsi.

Keendati demikian, dia menyampaikan kendala-kendala tersebut dapat teratasi. Menurut Hasyim, penyelenggaraan pemungutan suara hari ini telah berjalan dengan lancar

"Namun demikian, permasalahan tersebut dilakukan langkah-langkah strategis untuk diselesaikan atau dituntaskan oleh para petugas KPPS dan juga PPS di tingkat desa kelurahan, sehingga pemungutan suara dapat berjalan kembali," kata Hasyim.

Selain itu, Hasyim menyebut kendala lainnya adalah terdapat TPS-TPS yang tergenang banjir. Hal itu, lanjut Hasyim, akibat dari hujan yang mengguyur di sejumlah wilayah.

"Di beberapa tempat terjadi banjir dan kemudian tanggul-nya jebol, yang kemudian mengakibatkan sejumlah tempat tergenang air, yang sudah beberapa hari sebelum hari pemungutan suara sudah bisa kita ketahui, kemungkinan untuk dilaksanakannya pemungutan suara serentak di daerah-daerah tersebut belum bisa dilaksanakan," ujarnya

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun TPS yang tergenang tersebut tidak memungkinkan menggelar pemungutan suara hari ini. Karena itu, sejumlah TPS diputuskan untuk dilakukan pemungutan suara susulan.

"Sehingga kemudian oleh KPU kabupaten/kota yang kebetulan ada kejadian itu diambil keputusan untuk dilakukan penundaan pemungutan suara di TPS-TPS tersebut, dan akan dilaksanakan pemungutan atau Pemilu susulan dalam waktu yang akan ditentukan, karena situasinya belum memungkinkan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya