Uhuy! Perolehan Suara Komeng untuk DPD RI Jabar Tembus 1,3 Juta

Pelawak Komeng
Sumber :
  • Tanggapan layar video YouTube

Jakarta – Perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Barat Alfiansyah Bustami alias Komeng sudah menembus 1,3 juta suara dalam Pemilihan Umum 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hingga Sabtu, 17 Februari 2024, pukul 07.00 WIB, komedian dengan celetukan 'Uhuy' itu tercatat telah memperoleh suara terbanyak dengan 1.378.010 suara di situs hitung resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Perolehan suara Komeng masih berpeluang bertambah mengingat penghitungan suara baru mencapai 49,65 persen dari seluruh pemilih, yang terkumpul di 69.743 dari total 140.457 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Barat.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Perolehan suara Komeng untuk DPD RI Jawa Barat di Pemilu 2024

Photo :
  • KPU

Untuk sebaran wilayah pemilih Komeng untuk kursi DPD RI, terbanyak pemilihnya berada di wilayah Bogor dengan 267.416 suara, Kabupaten Garut dengan 105.058 suara dan Kota Bandung dengan 99.733 suara. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Perolehan suara kursi DPD RI Jawa Barat terbanyak kedua menyusul Komeng adalah artis Jihan Fahira. Istri Primus Yustisio itu memperoleh 533.389 suara (Sabtu, 17 Februari 2024, pukul 07.00 WIB).

Komeng dan Jihan Fahira hampir dipastikan melenggang ke Senayan sebagai Senator DPD RI 2024-2029. Keduanya telah memenuhi  dukungan minimal 5.000 suara dari 33.036.982 DPT Jawa Barat. 

Foto Nyentrik

Diketahui, komedian Komeng menjadi sorotan setelah foto uniknya di surat suara menjadi viral di sosial media, Komeng menyampaikan keseriusannya terjun di dunia politik.

Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) itu mengatakan bahwa salah satu misinya adalah mewujudkan aspirasi para seniman Tanah Air, khususnya di Jawa Barat.

Komeng

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Menurut dia, Jawa Barat kaya seni dan budaya, yang jika dikembangkan berpotensi menjadi salah satu sumber pemasukan negara.

"Saya bisa mencontoh dari negara Korea Selatan, dengan seni budayanya dia bisa mengalahkan negara-negara lain, lewat seni budaya, drakor (drama Korea), K-pop, dan kulinernya juga, bahkan pemasukan ke APBN negaranya hampir 12 digit," katanya.

Di situs resmi KPU, Komeng juga menuliskan bahwa salah satu tujuannya mendaftar menjadi calon anggota legislatif adalah untuk mendukung pengembangan kesenian.

"Ingin mengembangkan kesenian di daerah Jawa Barat pada khususnya, di Indonesia pada umumnya. Dengan komedi untuk memancing kebahagiaan," demikian tulisan Komeng di situs resmi KPU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya