Demokrat Sebut Ada Parpol Dalam Pemerintahan tetapi seperti Oposisi, Sindir Siapa?

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menyebutkan, ada partai politik (parpol) yang berada dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM), namun bersikap seperti pihak oposisi.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Awalnya, Andi menegaskan bahwa Partai Demokrat konsisten, jika berada di luar pemerintahan maka akan bersikap selayaknya oposisi pemerintah. Namun, ia menyebutkan ada tawaran kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk masuk ke dalam pemerintahan. 

"Kami konsisten, kalau kami di luar pemerintahan, ya kami oposisi. Kalau kami dalam pemerintahan, ya kami konsisten menjadi bagian dalam pemerintahan. Kami sekarang berada di pemerintahan pak Jokowi. Ada situasi kekosongan, hingga Presiden Jokowi menawarkan hal ini ya, kita timbang-timbang kan lebih bagus kami masuk dalam pemerintahan," kata Andi kepada wartawan di Kementerian ATR/BPN, Rabu, 21 Februari 2024. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Andi Mallarangeng Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, Andi mengaku Partai Demokrat tak berharap apapun kepada pemerintahan Jokowi, meskipun berada dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama Prabowo Subianto.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Namun, Andi menyebutkan, ada partai di dalam pemerintahan Jokowi, yang bersikap seperti pihak oposisi kepada pemerintah. Kendati begitu, Andi tak menjelaskan secara gamblang partai mana yang dimaksud.

"Kami sebenarnya tidak punya ekspektasi, kami oposisi. Tapi kemudian ada penawaran dari presiden Jokowi itu, maka kami bergabung dalam pemerintahan, nah kami konsisten. Beda dengan partai yang berada di pemerintahan berlakunya seperti oposisi. Kalau kita tidak, oposisi ya oposisi, pemerintahan ya pemerintahan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya