Jelang Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2024, Semua Pihak Diminta Jaga Iklim Kondusif

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan rekapitulasi suara nasional hasil Pemilu 2024 yang dijadwalkan pada 20 Maret 2024. Semua pihak termasuk masyarakat diminta bisa menjaga iklim kondusif jelang rekapitulasi nasional.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Demikian disampaikan Ketua Umum Holistik Institute M. Nur Latuconsina. Ia mengimbau agar seluruh masyarakat di daerah masing-masing bisa jaga iklim kondusif jelang rekapitulasi nasional pengumuman hasil Pemilu 2024.

"Mari kita jaga iklim kondusif di daerah masing-masing, mulai saat ini hingga pada hari pengumuman atau penetapan secara nasional hasil Pilpres 2024-2029 oleh KPU RI," kata Rheno, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 Maret 2023.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Dia mengatakan saat ini rekapitulasi suara sudah memasuki tahapan di akhir di tingkat Kabupaten dan provinsi. "Hal yang dinilai cukup krusial sebab dapat meningkatkan emosi dan membuat situasi makin panas," lanjut Rheno.

Ketua umum Holistik Institute M. Nur Latuconsina.

Photo :
  • istimewa
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Rheno juga berharap masyarakat tak mudah terpengaruh dengan isu yang berpotensi memunculkan riak-riak perpecahan.

Ia bilang faktor keamanan dan ketertiban mesti diutamakan dengan pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran.

"Kami berharap masyarakat dapat turut serta dalam mengambil peran melakukan pengawalan bersama atas setiap tahapan mulai dari pleno kecamatan sampai ke kabupaten, provinsi bahkan sampai ke pusat," lanjut Rheno.

Kemudian, Rheno menyampaikan kondisi dinamika politik mesti dikawal. Sebab, ia menyebut politik bisa mempengaruhi stabilitas nasional bahkan sampai ke daerah.

Kata dia, dan tugas kita semua untuk terus mengawal serta menjaga iklim untuk tetap kondusif.

"Coba kita pinggirkan kepentingan pribadi danĀ  kelompok masing-masing. Tidak dihilangkan, tetapi dipinggirkan sejenak untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Rheno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya