KPU Kaji Surat Pengunduran Diri Ratu Ngadu Bonu dari Caleg Nasdem Dapil NTT II

Komisioner KPU RI August Mellaz.
Sumber :
  • ANTARA/Firman

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum, akan mengkaji surat pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla. Ratu Ngadu adalah caleg Partai Nasdem Nomor urut 5 Daerah Pemilihan NTT II yang mestinya lolos ke DPR RI di Pemilu 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Surat pengunduran diri itu sebelumnya disampaikan saksi dari Nasdem kepada anggota KPU RI, August Mellaz, yang sedang memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2024 panel B, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa kemarin. 

"Ketika di forum disampaikan surat, tentu surat itu ditujukan kepada Ketua KPU, tentu akan kami kaji, tetapi tidak dalam rangka mengubah posisi pleno rekap, kan di situ," kata Mellaz dikonfirmasi awak media, Rabu, 13 Maret 2024. 

Mellaz memastikan, surat pengunduran diri tersebut tidak ada kaitannya dengan proses rekapitulasi nasional saat ini. Tugas dari rekapitulasi nasional hanya untuk membacakan formulir hasil rekapitulasi provinsi.

"Kami menghitung itu semua. Jadi, tidak ada kaitannya dengan ada surat pengunduran diri atau tidak," katanya.

Sebelumnya, saksi dari Partai Nasdem menyatakan bahwa surat pengunduran diri tersebut merupakan surat dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

"Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai Nasdem kepada KPU dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu RI terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II," ujar saksi tersebut.

Saksi dari Partai Nasdem, lanjut menjelaskan alasan pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla adalah sesuai dengan kehendak yang bersangkutan.

"Alasan pengunduran diri sesuai dengan kehendak yang bersangkutan dan di atas meterai. Dan untuk itu karena suratnya ke KPU RI, saya tidak berhak untuk membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya. Dengan demikian, perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai Nasdem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri," jelasnya.

Berdasarkan rekapitulasi yang disahkan KPU RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla yang merupakan legislator DPR RI periode 2019-2024 meraih 76.331 suara. Anggota Komisi IX DPR RI itu memperoleh suara terbanyak ketimbang enam calon lainnya dari Partai Nasdem di Dapil NTT II. 

Sementara itu, di posisi kedua ditempati caleg nomor urut 1 yakni mantan Gubernur NTT periode 2018-2023, Victor Bungtilu Laiskodat yang mendapatkan 65.359 suara. Secara keseluruhan yang memilih Nasdem dan calegnya mendapatkan 207.732 suara, meliputi 10.831 orang yang memilih partainya saja.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kaesang menyambut baik langkah PKB dan Nasdem yang merapat ke kubu Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024