KPU Umumkan Hasil Pilpres 2024, AHY: Sambut Kemenangan Prabowo dengan Suka Cita

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan kalau malam hari ini Rabu, 20 Maret 2024, merupakan malam yang ditunggu-tunggu seluruh rakyat di Tanah Air. Sebab, pada malam inilah rakyat bakal tahu siapa pemimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu 2024. Adapun, hal itu diungkap AHY saat menyambangi rumah calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Tentunya malam ini sangat ditunggu-tunggu kita semua, seluruh rakyat Indonesia. Karena artinya malam hari ini, kita sudah bisa benar-benar memastikan pemimpin Indonesia lima tahun ke depan. Insya Allah Prabowo Subianto," katanya pada Rabu, 20 Maret 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret 2024 siang (sumber: instagram @agusyudhoyono)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

AHY bersama Prabowo dan para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju menunggu hasil rekapitulasi suara KPU malam ini. Pihaknya bakal menyambut pengumuman hasil Pemilu 2024 dengan suka cita. "Dan tentunya, malam hari ini menjadi final dan kita semua ingin sambut dengan suka cita," ujar dia.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Seperti diketahui, KPU RI telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024 di 38 provinsi. Hasilnya, pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran menang di 36 provinsi.

Sejumlah 36 provinsi yang dimaksud yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lalu Banten, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Bengkulu, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB) Papua Selatan, Jambi, Sumatera Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Tengah, Papua Barat Daya, Jawa Barat, Maluku, Papua Pegunungan dan Papua.

Kemudian disusul pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Mereka hanya menang di dua provinsi, yakni Sumatera Barat dan Aceh.

Sementara pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tidak menang di provinsi manapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya