Menang Pilpres 2024, Prabowo: Terima Kasih Rakyat Indonesia

Prabowo Subianto terpilih jadi Presiden 2024
Sumber :
  • Dok.istimewa

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Hal itu diucapkan Prabowo usai dinyatakan menang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, Rabu, 20 Maret 2024.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan calon presiden-wakil presiden 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumin Raka, juga atas nama Koalisi Indonesia Maju, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Capres Prabowo Subianto konferensi pers usai dinyatakan menang Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Prabowo bersyukur Pemilu 2024 ini berjalan lancar dan tertib. Hal ini terbukti dari banyaknya ucapan dan surat yang yang disampaikan oleh sederet kepala negara, kepala pemerintahan, dan duta besar terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Pemilihan umum yang telah kita laksanakan diakui oleh dunia yang disampaikan kepada saya melalui ucapan-ucapan dan surat-surat oleh banyak kepala negara, kepala pemerintah dan para duta besar, mereka memantau jalannya pemilihan umum kita," kata dia.

"Menyatakan sangat terkesan atas lancarnya pemilihan umum kita, atas tertibnya dan atas ketenangan, kesejukan dan suasana gembira yang dirasakan," ujar Prabowo.

Seperti diketahui, pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya